Bisnis baju import anak dari China memiliki peluang yang cukup besar. Hal ini lantaran model dan variasinya lebih beragam. Selain itu, dari segi harga, baju import anak dari China juga sangat terjangkau. 

Permintaan akan baju anak juga terus bertambah karena pertumbuhan anak dari bayi hingga remaja cukup pesat. Kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk menjalankan bisnis import baju anak dari China. 

Tapi, sudahkah kamu tahu cara import baju anak dari China lengkap dengan aturan-aturan yang berlaku? Jangan sampai kamu malah merugi karena tidak memahami aturan-aturannya. 

Pada artikel ini, Arahin.id akan memberikan informasi terkait cara import baju anak dari China, prosesnya, dan besaran pajaknya.

Langkah-langkah import baju anak dari China

Agar bisnis import baju anak dari China bisa sukses dan tanpa halangan, berikut ini beberapa langkah-langkah import baju anak dari China yang harus kamu ketahui. Sebaiknya lakukan langkah-langkah di bawah ini secara bertahap agar hasilnya bisa maksimal, ya. 

1. Menentukan jenis baju anak yang ingin dijual

Langkah pertama dalam memulai bisnis import baju anak dari China adalah dengan menentukan jenis baju anak yang akan diimport dari China.

Beberapa contohnya seperti dress anak perempuan, kaos, kemeja, pakaian untuk newborn, baju one set, dan lain sebagainya.

Penentuan jenis baju ini penting dilakukan untuk memudahkan kamu dalam mencari supplier serta membantu kamu dalam menentukan target pasar bisnis kamu. 

2. Cari tahu model baju anak yang sedang tren

Setelah menentukan jenis baju anak yang akan diimport, kini saatnya mencari tahu model baju anak yang sedang tren.

Tidak mau kan baju yang sudah kamu import malah tidak laku karena modelnya sudah kuno? Kamu bisa mencari tahu tren baju anak di beberapa sosial media atau di e-commerce. 

Untuk saat ini, beberapa model baju anak yang sedang tren seperti motif garis, baju dengan warna earth tone, hingga dress anak perempuan dengan motif bunga yang minimalis. 

3. Siapkan tempat penyimpanan

Karena sudah berencana membangun bisnis, jangan lupakan untuk membuat tempat penyimpanan khusus untuk produk baju anak yang kamu import. 

Tempat penyimpanan ini cukup penting, loh! Akan memudahkan kamu dalam menyortir jenis-jenis baju serta memudahkan dalam proses pengiriman ke customer nantinya.

4. Mencari supplier baju anak import yang terpercaya

Jika semua persiapan sudah selesai dilakukan, kini saatnya kamu mencari supplier baju anak import yang terpercaya. 

Pastikan kamu memilih supplier yang jelas dan tidak abal-abal. Kamu bisa memanfaatkan marketplace seperti Alibaba, Aliexpress, 1688, Taobao, dan supplier terpercaya lainnya. 

Sebaiknya cari supplier dari tangan pertama karena harganya pasti lebih terjangkau. Kamu juga bisa mencari informasi dari sesama pelaku bisnis import baju anak dari China untuk mendapatkan supplier terpercaya. 

5. Menyiapkan dokumen perizinan untuk import baju anak dari China

Setelah urusan pencarian supplier baju anak import selesai, kini saatnya menyiapkan dokumen-dokumen perizinan untuk import baju dari China. 

Jangan sampai, kamu melupakan hal ini dan akan membuat bisnis kamu jadi ilegal dan melanggar hukum di Indonesia. 

Izin import yang harus kamu miliki adalah API (Angka Pengenal Impor). Setelah itu, lengkapi beberapa dokumen yang dibutuhkan seperti packing list, bill of landing, invoice, dan beberapa dokumen penting lainnya. 

Dengan memiliki perizinan ini, barang-barang yang kamu import dari China jadi aman dan bisa masuk ke Indonesia dengan mudah, tanpa ada halangan-halangan lainnya. 

Cara import baju anak dari China

Untuk melakukan import baju anak dari China, bisa dilakukan melalui beberapa cara. Kamu bisa memanfaatkan marketplace hingga menggunakan jasa importir online. Berikut ini beberapa caranya. 

1. Marketplace

Jika kamu berencana import baju anak dari China menggunakan marketplace, sebaiknya gunakan marketplace yang terpercaya dan proses pembayarannya aman, ya.

Jika sudah menemukan barang yang cocok, kamu bisa langsung melakukan pembayaran yang sudah disediakan. 

Nah, biasanya ada beberapa pilihan pengiriman, yakni melalui jalur udara atau jalur laut. Jika menggunakan jalur udara, tentunya barang akan cepat sampai yakni kira-kira 14 hari. Namun, dari segi harga mungkin lebih mahal.

Jika menggunakan jalur laut, estimasi pengiriman bisa jadi mencapai 30 hari, atau bisa juga lebih cepat tetapi harganya lebih murah. Kamu bisa memilih kedua cara tersebut disesuaikan dengan budget bisnis kamu, ya. 

2. Jasa importir online

Jika kamu tidak ingin repot, kamu bisa menggunakan jasa importir online yang sudah tersedia di website-website. Tapi, pastikan website-website tersebut memang aman dan terpercaya, ya. 

Melalui jasa importir online, kamu juga tidak perlu pusing melakukan perizinan, karena semua urusan akan diurus oleh jasa importir online hingga barang diterima kamu dengan aman. 

3. Melalui jalur pribadi

Cara import baju anak dari China lainnya yang bisa dilakukan adalah melalui jalur pribadi, di mana kamu sengaja pergi ke China dan membeli beberapa produk baju di sana.

Kemudian, kamu pulang lagi ke Indonesia dan menjualnya kembali dengan menambah keuntungan yang ingin kamu dapatkan.

Meskipun terlihat mudah, namun biasanya akan dilakukan pengecekan oleh pihak bea cukai. Oleh sebab itu, kamu harus menyiapkan beberapa dokumen penting dan mencari tahu terkait kebijakan pajak serta bea masuk. 

Berapa pajak import baju anak dari China?

Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 199/PMK010/2019 tentang Ketentuan Kepabeanan, Cukai, dan Pajak atas Import Barang Kiriman, baju anak yang kamu import dari China akan terkena pajak jika nilai barang di atas USD 3.

Pajak impor barang dari China yang akan dikenakan adalah sekitar 17,5 persen, yakni merupakan total dari bea masuk sebesar 7,5 persen dan PPN sebesar 11 persen. 

Namun, karena baju termasuk ke dalam produk tekstil, maka tarif bea masuknya adalah 15-25%. 

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa bertanya pada pihak-pihak yang mengurus masalah pajak import agar tidak salah perhitungan.

Kegiatan import semakin mudah dengan Arahin.id

Selain mempersiapkan beberapa hal yang sudah disebutkan di atas, hal yang tak kalah penting untuk dipersiapkan lainnya adalah memilih konsultan import serta pihak pengiriman yang terpercaya dan harganya terjangkau. 

Dengan melakukan konsultasi pada profesional, kamu jadi bisa tahu cara import baju dari China dengan aman dan tidak ada kendala, termasuk juga mengetahui cara import hp dari China. Kamu bisa berkonsultasi dengan Arahin.id.

Arahin.id adalah mitra terpercaya bagi para pelaku bisnis ekspor dan import di Indonesia. Dengan pengalaman yang sudah lama, tim konsultan kami siap membantu kamu mengatasi berbagai tantangan dalam memasuki pasar internasional, mulai dari perizinan hingga strategi pemasaran. 

Kami juga menawarkan layanan konsultasi untuk meningkatkan efisiensi operasional dan profitabilitas bisnis kamu. Dengan akses ke jaringan mitra global, kami dapat membantu kamu mengekspansi bisnis ke berbagai pasar internasional dengan lebih mudah dan efektif. 

Kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut dan jangan ragu untuk menghubungi tim kami untuk konsultasi gratis pertama kamu.

 

Isi konten: