Masih Ragu mau impor atau ekspor? atau baru pertama kali?

Langsung saja hubungi arahin.id, kami siap membantu, menjawab setiap pertanyaan Anda!

Saat ini, impor HP dari China semakin populer karena produk-produk elektronik buatan China memiliki kualitas yang baik dan harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan produk sejenis buatan negara lain. 

Jumlah pengguna HP China di Indonesia pun cukup tinggi. Oleh sebab itu, pemilik bisnis gadget bisa mempertimbangkan untuk mengimpor produk dari China guna mendapat keuntungan lebih tinggi.

Lalu, bagaimana cara import HP dari China? Untuk melakukannya, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dan dipelajari. Berikut ini adalah cara import HP dari China yang aman dan menguntungkan.

Persiapan sebelum Import HP dari China

Sebelum memutuskan untuk mengimpor ponsel dari China, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa persiapan yang harus dilakukan:

1. Tentukan jenis HP yang ingin diimpor

Sebelum memulai proses impor, tentukan terlebih dahulu jenis gadget yang ingin diimpor. Lakukan riset terlebih dahulu tentang jenis HP tersebut, termasuk spesifikasinya dan harga pasar di Indonesia. 

Pastikan bahwa produk tersebut memenuhi persyaratan dan regulasi yang berlaku di Indonesia. Riset sangat penting untuk mengetahui apakah tipe ponsel yang akan diimpor sesuai dengan minat pasar di Indonesia atau tidak.

2. Cari supplier tepercaya di China

Cari supplier atau pabrik di China yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Pemilik bisnis bisa mencari informasi tentang supplier tersebut di internet atau melalui rekomendasi dari teman atau kolega. 

Bisa juga mencari pemasok dari marketplace asal China, seperti di Alibaba. Tapi, lakukan riset mendalam agar dapat mengetahui pengalaman sang pemasok dalam melakukan ekspor ke negara lain dan memiliki izin resmi dari pemerintah China.

3. Pelajari aturan dan regulasi impor

Pelajari aturan dan regulasi import yang berlaku di Indonesia. Pastikan bahwa jenis HP yang ingin diimpor tidak terkena larangan impor.

Jangan sampai, gadget yang akan diimpor ternyata belum memenuhi persyaratan teknis dan kualitas yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia. 

Selain itu, perhatikan juga apakah produk tersebut memiliki sertifikasi dan label yang diperlukan sebelum diimpor untuk menghindari masalah legalitas di kemudian hari.

Bukan cuma import HP, pebisnis bisa juga mengimpor aksesoris HP di saat bersamaan. Sebaiknya pelajari juga mengenai cara import aksesoris HP dari China ke Indonesia.

Cara import HP dari China dengan aman

Cara import HP dari luar negeri memang tidak mudah, termasuk juga saat akan mengimpor dari China. Tapi, Anda bisa menyimak panduan berikut ini agar bisa melakukan import dengan aman dan mudah. 

1. Lakukan pembayaran dengan cara yang aman

Kalau sudah menemukan pemasok, pemilik bisnis bisa langsung melakukan pemesanan dan pembayaran. Tapi, karena pembayaran dilakukan antarnegara, maka harus dilakukan dengan hati-hati. 

Pastikan bahwa pembayaran dilakukan dengan cara yang aman, seperti menggunakan Escrow atau melalui rekening bank resmi. Jangan menggunakan metode pembayaran yang tidak jelas atau meragukan.

2. Pilih metode pengiriman yang aman

Bukan cuma metode pembayaran, metode pengiriman yang dipilih juga harus sudah dipastikan aman dan tepercaya. Gunakan jasa ekspedisi China ke Indonesia yang memiliki reputasi baik.

Ada beberapa rekomendasi forwarder yang sudah sering digunakan oleh pengimpor dari China, seperti Xing Lie Cargo, Antara Logistic, MTE Express, dan Natindo Cargo.

3. Lakukan inspeksi barang sebelum dikirim

Lakukan inspeksi barang sebelum dikirim ke Indonesia. Pastikan bahwa barang yang diterima sesuai dengan spesifikasi yang diminta dan dalam kondisi yang baik. 

Jika terdapat kerusakan atau cacat pada barang, segera laporkan kepada supplier untuk mendapatkan solusi terbaik. 

Ingat, jangan lakukan inspeksi setelah barang sampai ke Indonesia. Karena, akan lebih sulit untuk mengurusnya dibandingkan saat barang belum dikirim dan masih di China.

Cara menghitung pajak impor HP dari China

Setelah barang tiba di Indonesia, Anda perlu menghitung pajak import yang harus dibayarkan. Membayar pajak import sangatlah penting untuk memastikan transaksi dilakukan secara sah dan legal.

Selain itu, hal ini juga akan menghindarkan pemilik bisnis dari risiko masalah perpajakan di kemudian hari. Berikut ini cara menghitung pajak impor HP dari China. 

1. Hitung Bea Masuk

Hitung besaran Bea Masuk yang harus dibayarkan. Besaran Bea Masuk berbeda-beda tergantung pada jenis barang yang diimpor dan sudah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia. 

Pengimpor bisa mengetahui besaran Bea Masuk yang harus dibayarkan melalui situs web Bea Cukai Indonesia.

2. Hitung Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM)

Setelah mengetahui besaran Bea Masuk, hitung juga Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) yang harus dibayarkan. 

Besaran PPN dan PPnBM juga sudah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia dan bisa dilihat di situs web Direktorat Jenderal Pajak.

3. Total biaya impor

Setelah semua pajak dan bea masuk dihitung, hitung total biaya import yang harus dibayarkan. Biaya import yang harus dibayarkan tergantung pada jenis barang yang diimpor dan besaran pajak dan bea masuk yang harus dibayarkan.

Saat melakukan impor, pengimpor juga perlu melampirkan nomor NPWP usaha yang dimiliki untuk melalui proses pembayaran pajaknya.

Keuntungan impor HP dari China

China bukan satu-satunya pemasok gadget, tapi melakukan import dari China bisa memberikan sejumlah keuntungan bagi pemilik bisnis. Lantas, apa saja keuntungan tersebut? 

1. Harga yang lebih terjangkau

Harga HP buatan China lebih terjangkau dibandingkan dengan produk sejenis buatan negara lain. Hal ini disebabkan karena biaya produksi di China lebih murah dibandingkan dengan negara-negara lain.

2. Kualitas yang baik

Produk-produk elektronik buatan China memiliki kualitas yang baik dan terus berkembang dari waktu ke waktu. Ini akan  membuat produk-produk tersebut semakin diminati oleh konsumen di seluruh dunia.

3. Berbagai pilihan produk

Terdapat berbagai macam produk HP buatan China yang bisa dipilih, dari merek yang sudah terkenal hingga merek yang masih baru. 

Ini memberikan kesempatan bagi konsumen untuk memilih produk sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimilikinya.

4. Potensi keuntungan yang besar

Mengimport HP dari China juga memiliki potensi keuntungan yang besar, terutama jika produk tersebut dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi di pasaran. 

Namun, pastikan bahwa produk yang diimpor memenuhi standar kualitas dan regulasi yang berlaku di Indonesia.

Import HP dari China lebih lancar dengan Arahin.id

Ingin import barang dari China, namun masih merasa ragu dan kurang yakin? Mungkin sudah waktunya untuk cari bantuan dengan Arahin.id.

Sebagai konsultan terpercaya dan berpengalaman dalam bidang ekspor dan impor, Arahin.id siap membantu dan memandu pengimpor dalam proses import HP dari China ke Indonesia.

Dengan menggunakan jasa dari Arahin.id, Anda bisa fokus pada bisnis tanpa mengkhawatirkan urusan administratif impor, dan memperoleh keuntungan yang lebih besar dari bisnis import produk gadget.

Jadi, jangan ragu untuk menghubungi Arahin.id jika ingin memulai bisnis import HP dari China yang sukses dan aman.

Isi konten: