Untuk produksi barang branded, China memang terkenal memproduksi merek-merek terkenal seperti Nike, Adidas, Gucci, Bosideng, Shanghai Tang, dan masih banyak lainnya. Tak heran jika mulai banyak orang yang melakukan import barang branded dari China, termasuk baju branded. 

Selain harganya yang lebih murah dibandingkan membeli dari negara lain, baju branded dari China juga memiliki kualitas yang bagus dengan model yang lebih bervariasi. 

Namun, sebelum membeli baju branded import dari China, pastikan bahwa kamu membeli di tempat yang asli dan bukan abal-abal, mengingat China juga terkenal dengan produksi barang-barang KW. 

Berikut ini informasi lengkap terkait cara import baju branded dari China, biaya, serta tipsnya agar kamu tidak merugi. 

Cara import baju branded dari China

Untuk melakukan import baju branded dari China, kamu bisa melakukannya dalam beberapa cara. Cara import baju dari China yang paling ringkas tentunya melalui e-commerce terkenal seperti Alibaba. Jadi, kamu tinggal langsung bayar, tanpa pusing memikirkan perhitungan pajak dan lain sebagainya.

Berikut ini beberapa langkah atau cara import baju branded dari China yang perlu kamu pahami dengan baik.

1. Cari dan temukan pemasok yang terpercaya di China

Pertama, kamu dapat melakukan pencarian online melalui platform seperti Alibaba, Made-in-China, atau Global Sources, atau dengan mengunjungi pameran dagang seperti Canton Fair.

Jika kamu berencana membeli secara online di e-commerce, pastikan kamu melihat review dari pembeli yang menunjukkan apakah barang tersebut asli atau KW. Atau, kamu bisa juga membelinya langsung di website atau e-commerce resminya. 

2. Meminta bukti keaslian barang

Pastikan bahwa supplier tersebut memiliki sertifikasi keaslian dari merek-merek yang dijual. Apabila kamu datang ke tokonya langsung, kamu bisa meminta sampel produk untuk diperiksa keasliannya sebelum memutuskan untuk membeli secara besar-besaran.

 

3. Ketahui syarat import barang di Indonesia dan China

Setelah memilih supplier yang cocok, kini saatnya kamu mencari tahu persyaratan impor dan pajak impor barang dari China yang berlaku di Indonesia dan pastikan bahwa kamu sudah memiliki lisensi dan izin yang diperlukan.

Untuk masalah perizinan, kamu bisa menanyakan langsung pada pihak bea dan cukai di wilayah setempat. Atau, apabila kamu tidak mau ribet, kamu bisa menggunakan jasa forwarder China Indonesia yang bisa memberikan saran untuk pengiriman barang import kamu. 

4. Lakukan negosiasi harga dan syarat pembayaran dengan pemasok

Kamu dapat melakukan pembayaran dengan transfer bank atau menggunakan platform pembayaran online seperti PayPal atau Western Union.

Pastikan kamu sudah melakukan kesepakatan harga dengan supplier, sehingga kamu bisa mendapatkan harga yang lebih bersahabat. 

5. Proses barang dikirim

Setelah semua kesepakatan dicapai, supplier akan mengirim barang ke pelabuhan atau bandara terdekat. Pastikan untuk mengurus semua dokumen impor yang diperlukan, termasuk invoice, sertifikat asal, dan dokumen penting lainnya yang diperlukan oleh pihak berwenang.

Pemeriksaan akan dilakukan oleh pihak bea cukai termasuk dalam hal pembayaran bea masuk sesuai dengan aturan yang sudah ditentukan. 

Setelah barang sudah keluar dari urusan pabean, pastikan untuk memeriksa dan menguji kualitas dan keaslian merek. Jika ditemukan masalah atau kerusakan, segera hubungi supplier untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Biaya import baju branded dari China

Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan nomor PMK 199/PMK.010/2019, impor dengan nilai USD 3 hingga USD 1.500 atau setara dengan Rp45.000 hingga Rp22.00.000.000 akan dikenakan biaya bea masuk sebesar 7,5 persen dan PPN sebesar 11 persen. 

Lalu, khusus untuk barang impor berupa baju, maka tergolong ke dalam kategori produk tekstil dan biaya bea masuknya adalah sebesar 15-25 persen. 

Untuk biaya import baju branded maka bisa berbeda-beda, tergantung pada nilai baju branded yang kamu import. Sebagai gambaran, kamu bisa menghitung biayanya menggunakan aturan-aturan seperti yang di atas. 

Tips sebelum import baju branded dari China

Mengingat baju branded memiliki harga yang tidak murah, ada beberapa tips yang harus kamu lakukan sebelum melakukan import baju branded agar tidak rugi. 

1. Memilih supplier yang terpercaya

China memproduksi beberapa brand-brand besar seperti Nike, Adidas, hingga Gucci. Pastikan kamu membeli pada supplier yang terpercaya. Sebab, beberapa supplier juga ada yang menjual produk KW. 

Kamu bisa melakukan riset untuk mencari supplier yang terpercaya. Bisa dengan membaca review dari pelanggan atau meminta rekomendasi dari teman-temanmu.

2. Cek keaslian produk

Jangan lupa juga untuk mengecek keaslian produk, ya! Hal ini sangat penting terlebih untuk produk branded seperti baju.

Jangan sampai kamu tertipu dan malah membeli baju branded yang tidak asli. Jika kamu membeli langsung, kamu bisa memperhatikan bahan yang digunakan, hingga logo brand tersebut. 

3. Pilih jasa pengiriman yang bagus

Kini, sudah tersedia banyak forwarder China Indonesia yang bagus. Tapi, pastikan kamu memilih forwarder yang bisa membantu kamu dalam mengurus import baju branded. Pasalnya, tidak semua forwarder menyediakan layanan tersebut.

Dengan memilih forwarder yang tepat, selain membuat barang kamu terkirim dengan aman, juga bisa memudahkan dalam proses pengecekan pabean.

4. Pilih pembayaran yang aman

Saat melakukan transaksi pembelian baju branded import dari China, pastikan kamu melakukan proses pembayaran dengan cara yang aman dan legal, ya. Hindari mengklik link yang mencurigakan. 

Baiknya transfer melalui bank, kartu kredit, atau platform pembayaran online yang terpercata lainnya.

Dengan mengikuti tips ini, kamu bisa meminimalisir risiko dan mendapatkan produk yang berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Arahin.id: solusi untuk import barang dari luar negeri

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, memilih forwarder yang terpercaya adalah hal penting yang harus dilakukan. 

Hal ini akan menjamin bahwa barang yang kamu impor aman sampai tujuan tanpa kurang apa pun.

Arahin.di bisa kamu pilih untuk membantu proses pengiriman barang impor kamu dari China ke Indonesia dengan aman. Layanan yang ditawarkan juga lengkap. Kamu bahkan bisa berkonsultasi gratis sebelum melakukan impor. 

Lalu, Arahin.id juga sudah memiliki sistem yang saling terintegrasi, sehingga memudahkan kamu dalam melacak barang kiriman kamu. Yuk, hubungi Arahin.id sekarang!

Isi konten: