Masih Ragu mau impor atau ekspor? atau baru pertama kali?

Langsung saja hubungi arahin.id, kami siap membantu, menjawab setiap pertanyaan Anda!

Perkembangan teknologi yang semakin maju membuat kita semakin mudah dalam melakukan banyak hal, termasuk dalam mengirim surat ke luar negeri. Kita bisa memanfaatkan berbagai aplikasi seperti e-mail, Telegram, WhatsApp, dan lain sebagainya. 

Tapi, tahukah kamu, kalau mengirim surat fisik ke luar negeri melalui jasa pengiriman masih tetap diperlukan, loh! Hal ini bisa disebabkan karena beberapa alasan, misalnya untuk urusan pekerjaan di mana dokumen fisik asli harus tetap dikirimkan ke luar negeri. 

Biaya kirim surat ke luar negeri juga beragam. Contohnya, untuk biaya kirim surat ke Thailand mulai dari Rp6.000. Biaya ini disesuaikan dengan berat surat yang akan dikirimkan. 

Nah, untuk kamu yang mungkin akan mengirimkan dokumen ke luar negeri, khususnya ke Thailand, bisa membaca artikel ini untuk mengetahui informasi lengkap terkait cara serta biayanya. 

Cara kirim surat ke Thailand dan biayanya

Untuk mengirim surat ke Thailand, tata caranya tentunya sama seperti mengirim surat di dalam negeri, seperti berikut ini:

  • Siapkan surat atau dokumen yang akan dikirim, pastikan semuanya sudah dicek dengan baik.
  • Masukkan surat ke dalam amplop yang cukup aman dan tebal agar tidak rusak sampai ke tujuan.
  • Tulis alamat penerima surat dengan kelas dan lengkap, termasuk untuk nama jalan, nomor rumah, nama kota, hingga kode pos. Agar mudah dibaca sebaiknya menggunakan huruf kapital.
  • Datang ke jasa ekspedisi terdekat untuk mengirimkan surat ke Thailand.
  • Kamu akan mendapatkan tanda terima biaya pengiriman dan juga nomor resi yang bisa digunakan untuk melacak surat kamu.

Estimasi kirim surat ke Thailand mungkin akan memakan waktu 5-10 hari. Namun, jika kamu ingin kiriman surat cepat sampai, kamu bisa memilih menggunakan layanan ekspres.

Sesuai dengan aturan PP Menkominfo Nomor 29 Tahun 2013 tentang Tarif Layanan Pos Universal, Thailand termasuk ke dalam Zona Asia Pasifik I untuk kategori pengiriman surat. Berikut ini rincian biaya pengirimannya. 

Berat surat

Biaya

(PP Menkominfo Nomor 29 Tahun 2013)

0-20 gram

Rp6.000

20-50 gram

Rp9.000

50-100 gram

Rp18.000

100-250 gram

Rp37.000

250-500 gram

Rp67.000

500-1.000 gram

Rp127.000

1.000-2.000 gram

Rp242.000

Alasan masih kirim surat ke luar negeri

Meskipun kemajuan teknologi telah membuat komunikasi jarak jauh menjadi lebih mudah dan cepat, mengirim surat ke luar negeri masih tetap dilakukan dengan beberapa alasan berikut ini.

1. Nilai sentimental

Surat masih dianggap sebagai cara yang paling personal dan intim untuk berkomunikasi dengan orang yang kita kasihi. 

Surat yang ditulis dengan tangan memberikan sentuhan personal dan kerap dianggap sebagai kenangan yang berharga.

2. Lebih aman

Mengirim surat melalui email tentunya lebih efisien, dari segi waktu dan biaya. Namun, dari segi keamanan belum tentu. Sebab, bisa saja surat yang kamu kirim lewat email atau aplikasi dihack. 

Apabila isi di dalam surat penting, meliputi dokumen-dokumen pribadi atau pembicaraan rahasia, maka bisa tersebar dan digunakan untuk hal-hal yang merugikan. 

3. Perlu dokumen fisik untuk pekerjaan atau urusan lain

Beberapa dokumen, seperti sertifikat kelahiran atau paspor, seringkali masih memerlukan dokumen fisik dan asli. Apalagi jika kamu berencana tinggal di luar negeri untuk studi atau bekerja. 

Mengirim dokumen tersebut melalui jasa ekspedisi menjadi opsi yang paling masuk akal untuk menjamin dokumen tersebut aman dan terjaga dengan baik.

4. Kebutuhan bisnis

Dalam beberapa situasi, surat masih dianggap sebagai cara yang paling formal dan sah untuk mengirimkan dokumen bisnis atau surat resmi ke luar negeri.

5.Hobi 

Menulis surat dan menerima surat yang dikirimkan dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat. Menerima surat dari orang yang kita kasihi dapat memberikan kebahagiaan dan kehangatan di hati.

Apalagi jika kamu memiliki sahabat pena dari luar negeri, tentunya akan menyenangkan jika saling berkirim surat.

Tips sebelum mengirim surat ke luar negeri agar aman

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu mengirim surat ke luar negeri dengan aman:

1. Tulis alamat lengkap

Pastikan bahwa alamat penerima surat ditulis dengan jelas dan lengkap, termasuk nama jalan, nomor rumah, nama kota, dan kode pos. Gunakan huruf kapital (huruf besar) untuk nama kota dan negara.

Tulis menggunakan huruf kapital agar bisa terbaca dengan mudah. Atau, kamu juga bisa menulis alamat melalui komputer dan diprint agar lebih mudah dibaca. 

2. Cek aturan dan regulasi

Periksa apakah ada persyaratan atau pembatasan tertentu dalam mengirim surat ke negara tujuan. Misalnya ada biaya pajak atau aturan-aturan khusus lainnya. 

3. Pilih opsi pengiriman yang tepat

Ada beberapa opsi pengiriman yang tersedia, mulai dari pengiriman reguler hingga pengiriman cepat. Kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan.

Agar aman, sebaiknya tambahkan fasilitas asuransi pengiriman. Jadi, apabila dokumen yang kamu kirim hilang atau rusak, kamu akan mendapatkan ganti rugi. 

4. Gunakan kemasan yang tepat

Pastikan untuk menggunakan kemasan yang cukup kuat dan tahan banting untuk menjaga isi surat agar tetap aman selama perjalanan. 

Selain itu, kamu sebaiknya menambahkan pengaman tambahan seperti bubble wrap atau amplop sejenis yang lebih tebal. Dengan begitu, surat yang kamu kirim akan aman. 

Tarif kirim barang ke Thailand pakai Arahin.id

Selain mengirim surat ke Thailand, kamu juga bisa loh kirim paket ke Thailand dengan mudah. Arahin.id merupakan solusi untuk pengiriman paketmu ke seluruh dunia dengan harga yang terjangkau. Durasi pengiriman juga cepat, yakni kisaran 3-5 hari. 

Kamu bisa kirim barang ke Thailand melalui Arahin.id tanpa ada syarat minimal pengiriman. Kamu pun bisa melacak pengiriman dari mana saja dengan mudah. Berikut ini kisaran biayanya:

Berat

Harga Satuan (3-5 Hari)*

Update Harga 29 Sep 2023

1 kg

Rp385.000 /kg

2 kg

Rp295.000 /kg

3 kg

Rp270.000 /kg

4 kg

Rp230.000 /kg

5 kg

Rp200.000 /kg

6-10 kg

Rp195.000 /kg

11-15 kg

Rp185.000 /kg

16-20 kg

Rp180.000 /kg

21-44 kg

Rp185.000 /kg

45-70 kg

Rp175.000 /kg

71-99 kg

Rp170.000 /kg

100-299 kg

Rp165.000 /kg

*Harga berdasarkan update harga tanggal 29 September 2023, kunjungi harga terbaru dan terupdate di sini.

Untuk informasi lebih lanjut terkait pengiriman barang menggunakan Arahin.id, kamu bisa langsung menghubungi customer service Arahin.id dan melakukan konsultasi gratis. Ketahui juga cara mengirim barang dari Thailand ke Indonesia di Arahin.id.

Isi konten: