Masih Ragu mau impor atau ekspor? atau baru pertama kali?

Langsung saja hubungi arahin.id, kami siap membantu, menjawab setiap pertanyaan Anda!

Indonesia merupakan negara penghasil Sarang Burung Walet terbesar di dunia. Produk ini sudah banyak diekspor ke berbagai negara di dunia, termasuk China yang menjadi negara tujuan ekspor terbesar Sarang Burung Walet dari Indonesia. 

Persyaratan dan cara ekspor Sarang Burung Walet ke China sudah diatur oleh Kementerian Luar Negeri Indonesia. Di antaranya harus menyiapkan persyaratan dokumen seperti, akte perusahaan, SIUP, hingga Nomor Kontrol Veteriner. 

Sarang Burung Walet sendiri berasal dari air liur burung Walet yang dipadatkan. Produk ini terkenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tak heran jika banyak negara yang menginginkan Sarang Burung Walet ini. 

Mengutip dari laman Ekonomi Republika, pada awal tahun 2021, China bahkan telah melakukan kesepakatan dengan Menteri Perdagangan RI, Menteri BUMN RI, dan Menteri Kemenlu untuk mengimpor Sarang Burung Walet dari Indonesia dengan nilai mencapai Rp16,3 triliun. 

Agar proses ekspor Sarang Burung Walet lancar, kamu perlu tahu beberapa persyaratan ekspor Sarang Burung Walet ke China, termasuk dokumen-dokumen penting yang harus dipersiapkan. Simak informasinya di artikel Arahin.id berikut ini, ya!

Persyaratan ekspor Sarang Walet ke China

Persyaratan yang harus dipenuhi oleh perusahaan eksportir Sarang Burung Walet memang cukup ketat. 

Mengutip dari laman Okezone, Kepala Badan Karantina Pertanian RI, Banun Harpini mengatakan bahwa para pengusaha eksportir Sarang Burung Walet harus memenuhi tiga syarat utama jika ingin mengekspor Sarang Burung Walet ke China, yakni:

  • Traceability
  • Sarang Burung Walet bersih dari kandungan nitrit, yakni kurang dari 30 ppm
  • Sarang Burung Walet sudah dilakukan pemanasan 70 derajat celcius selama 3,5 detik

Ketiga persyaratan di atas merupakan persyaratan penting yang diminta oleh pihak China. Jadi, kamu harus memperhatikannya dengan seksama, ya.

Berikut ini persyaratan lain yang harus dipenuhi saat akan melakukan ekspor Sarang Burung Walet ke China yang dikutip dari laman kemlu.go.id.

Syarat

Keterangan

Akta Perusahaan

-

Tanda Daftar Perusahaan

-

SIUP

-

Nomor Kontrol Veteriner

Nomor Kontrol Veteriner (NKV) ini bisa didapatkan dari dinas yang mengurusi bidang peternakan dan kesehatan hewan di wilayah terdekat. 

Sertifikat HACCP

Merupakan lembaga sertifikasi non-pemerintah dan sudah terakreditasi KAN

Penetapan Instalasi Karantina Hewan

Bisa dilakukan secara online melalui aplikasi APIKH (Aplikasi Penetapan Instalasi Karantina Hewan). Pada proses ini akan dilakukan pengujian untuk virus Avian Influenza, kandungan nitrit, cemaran logam, dan pengujian mikrobiologi.

Registrasi Tempat Pemrosesan

Bisa diproses secara online melalui aplikasi APIKH dengan syarat sudah memiliki NKV Level 1 dan juga Sertifikat HACCP.

Registrasi RUmah Walet

Tempat pemrosesan hanya bisa mengambil bahan baku Sarang Burung Walet dari Rumah Walet yang sudah terdaftar atau teregistrasi. Registrasi Rumah Walet bisa diproses melalui aplikasi APIKH.

Sertifikasi hasil uji analisis (CoA)

Kualitas air dan es yang digunakan untuk memproduksi Sarang Burung Walet harus sesuai dengan standar Permenkes 493/Menkes/Per/IV/2010. Bisa didapatkan dari Dinas Kesehatan atau lembaga sertifikasi yang terakreditasi KAN.

Sertifikat Verifikasi Alat Pemanas

Bisa didapatkan dari lembaga sertifikasi dan kalibrasi yang telah diakreditasi oleh KAN.

ET-SBW

Bisa didapatkan dari Kementerian Perdagangan

Hasil uji laboratorium untuk:

  • Eschericia coli
  • Nitrit
  • Avian influenza
  • Logam berat
  • TPC
  • Coliform
  • Salmonella sp
  • Staphylococcus aureus

Dilakukan di Balai Besar Standar Karantina Pertanian (BBUSKP) dan 3 unit pelaksana teknis karantina pertanian di Surabaya, Medan, dan Soekarno Hatta. 

Sistem Traceability

Sistem untuk penelusuran dengan menggunakan barcode.

Langkah-langkah ekspor Sarang Walet ke China

Setelah kamu memenuhi persyaratan yang sudah disampaikan di atas, kini saatnya kamu mengetahui cara ekspor barang ke China, yakni produk Sarang Walet. Proses ini juga dilakukan dengan cukup ketat dan harus mendapatkan persetujuan dari pihak China terlebih dahulu. 

Jika produk Sarang Burung Walet kamu sudah memenuhi standar, maka bisa dilakukan ekspor ke China. Berikut langkah-langkahnya:

1. Pengiriman aplikasi ke pemerintah China (GACC)

Setelah perusahaan eksportir Sarang Burung Walet sudah melengkapi dokumen persyaratan, kemudian dilanjutkan dengan mengisi formulir aplikasi GACC. 

Apabila hasil inspeksi yang dilakukan menyatakan bahwa perusahaan sudah memenuhi standar yang ditetapkan, maka akan dilanjutkan untuk didaftarkan ke GACC.

2. Audit oleh pihak China

Selanjutnya, pihak China akan melakukan review dokumen yang sudah dikirimkan. Apabila hasil audit sudah memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan, maka perusahaan eksportir Sarang Burung Walet tersebut bisa melakukan ekspor ke China dan akan diupload di website GACC. 

Meskipun pihak Cina sudah menyetujuinya, perusahaan eksportir Sarang Burung Walet akan tetap diawasi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

3. Proses pengiriman Sarang Burung Walet ke China

Setelah proses audit selesai, kemudian dilanjutkan dengan pengiriman Sarang Burung Walet ke China dengan prosedur yang juga ketat, yakni:

  • Pengiriman harus dilengkapi dengan sertifikasi sanitasi yang dikeluarkan oleh dokter hewan karantina di tempat pengeluaran
  • Pengiriman dilakukan melalui tempat-tempat yang sudah ditetapkan
  • Certificate of Origin (CoO) dari Kementerian Perdagangan
  • Produk harus dilaporkan dan diserahkan pada petugas karantina

Keuntungan ekspor sarang walet ke China

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, China merupakan negara tujuan ekspor terbesar Sarang Burung Walet dari Indonesia. Hal ini bukan tanpa alasan. Ada banyak keuntungan yang didapatkan dari kegiatan ekspor Sarang Burung Walet ke China. 

1. Permintaan tinggi

China adalah salah satu pasar terbesar untuk Sarang Walet di dunia, dengan permintaan yang terus meningkat setiap tahunnya. 

Hal ini menjanjikan potensi keuntungan yang besar bagi perusahaan, khususnya di Indonesia yang melakukan ekspor Sarang Walet ke China.

2. Harga tinggi

Sarang Walet dianggap sebagai produk mewah di China, dan harganya cenderung lebih tinggi dibandingkan pasar lain di dunia. Dengan menjual produk Sarang Walet ke pasar China, perusahaan dapat mendapatkan harga yang lebih tinggi untuk produk mereka. Hal ini tentunya juga menguntungkan untuk negara. 

3. Kualitas bagus

Sarang walet dari Indonesia dianggap berkualitas tinggi di pasar China, dan ini dapat menjadi keuntungan bagi perusahaan yang ingin memasuki pasar ini. 

Kualitas sarang walet Indonesia diakui oleh konsumen China dan memiliki potensi untuk membangun reputasi yang baik di pasar tersebut.

4. Peluang pasar yang luas

China memiliki populasi yang besar dan berkembang pesat, sehingga ada potensi pasar yang luas untuk produk sarang walet. 

Selain itu, dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat China tentang manfaat kesehatan dari sarang walet, permintaan akan produk semakin meningkat.

5. Diversifikasi pasar

Dengan memasuki pasar China, perusahaan dapat mengurangi ketergantungan pada pasar domestik atau pasar lainnya. Ini dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan pendapatan dan memperluas bisnis mereka.

6. Dukungan pemerintah

Pemerintah Indonesia dan Cina telah menandatangani kesepakatan perdagangan bebas, yang dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan dalam melakukan ekspor Sarang Walet ke China.

Meskipun ekspor sarang walet ke China menjanjikan keuntungan, perusahaan harus tetap memperhatikan persyaratan dan regulasi yang berlaku untuk menghindari risiko dan kerugian dalam proses ekspor.

Ekspor barang jadi mudah dengan Arahin.id

Bisnis ekspor memang cukup menjanjikan keuntungan yang besar. Namun, terkadang banyak orang yang ragu untuk memulai bisnis ini karena khawatir terkait pengiriman barang.

Pasalnya, pengiriman barang ke luar negeri memiliki risiko kerusakan yang cukup tinggi. Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti pengemasan yang tidak aman, kondisi jalanan yang tidak rata, dan lain sebagainya.

Tapi, tak perlu khawatir karena sudah ada Arahin.id yang akan membantu kamu mengirim barang ke luar negeri dengan aman. Kamu bisa mengirim barang-barang ekspor dari Indonesia ke China dengan mudah dan harganya pun kompetitif. 

Arahin.id adalah layanan pengiriman barang untuk kebutuhan ekspor dan impor yang yang aman dan terpercaya. 

Pengiriman dengan Arahin.id ini sudah terintegrasi melalui layanan end to end, yakni mulai dari barang dipick up hingga diterima oleh penerima. Tentunya paket kamu akan aman.

Dari segi harga, Arahin.id juga terjangkau, sehingga sangat membantu untuk bisnis kecil seperti UMKM. 

Kamu juga bisa loh berkonsultasi gratis dengan Arahin.id terkait proses pengiriman barang kamu ke luar negeri. Yuk, coba sekarang juga! 

 

Isi konten: