Mengirim barang dari Indonesia ke Belanda bisa menjadi suatu proses yang membingungkan, terutama bagi mereka yang tidak memiliki pengalaman sebelumnya. 

Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan, mulai dari memilih jasa forwarder yang tepat, mempersiapkan paket dengan benar, hingga memahami aturan dan peraturan yang berlaku untuk pengiriman internasional. 

Namun, dengan melakukan persiapan yang tepat dan memperhatikan beberapa poin penting, kamu dapat mengirimkan barang dengan efektif dan tentu saja aman juga.

Bagaimana cara mengirim paket ke Belanda dengan aman dan mudah?

Mengirim barang ke luar negeri atau mengekspor nyatanya bukanlah perkara yang mudah. Selain ada persyaratan administrasi yang rumit, biayanya pun tidak sedikit. 

Contohnya, kamu harus memahami beberapa poin berikut kalau mau mengekspor barang dari Indonesia ke Belanda.

  • Dokumen dan perizinan. Beberapa dokumen yang diperlukan dapat mencakup faktur, sertifikat asal, dokumen ekspor, dan izin khusus untuk barang-barang tertentu seperti makanan atau obat-obatan.
  • Packing dan labeling. Kamu harus memastikan barang sudah dikemas dengan baik dan aman untuk pengiriman internasional. Kamu juga harus menandai setiap paket sejelas-jelasnya dengan alamat pengirim dan penerima.
  • Biaya dan pajak. Pastikan kamu sudah memperhitungkan biaya pengiriman, biaya pajak, dan biaya impor saat mengirim barang ke Belanda. 
  • Waspada barang terlarang. Pastikan kamu tidak mengirim barang yang terlarang atau terbatas untuk masuk ke Belanda. Beberapa barang yang tidak diizinkan untuk diimpor ke Belanda mencakup narkotika, senjata, dan barang-barang yang melanggar hak kekayaan intelektual. 

Nah buat kamu yang tidak mau dipusingkan dengan semua urusan di atas, cara terbaik sekaligus teraman untuk mengirim paket ke Belanda adalah dengan memanfaatkan jasa kurir atau forwarder.

Mengirim barang ke luar negeri dengan bantuan forwarder akan memastikanmu terbebas dari kompleksitas urusan administrasi transportasi dan kepabeanan di Indonesia maupun di Belanda.

Hal ini dikarenakan pihak forwarder yang akan membantu menyelesaikan semua urusan itu. Tentu saja maksudnya di sini agar kamu tidak perlu repot mengurusnya sendiri ke kantor bea cukai.

Namun, jika jenis barang yang kamu mau kirim ternyata dilarang masuk ke negara tujuan, dalam hal ini ke Belanda, maka pihak forwarder pun tidak bisa membantumu.

Salah satu forwarder terpercaya adalah Arahin.id. Arahin akan membantumu mengurus semua dokumen bea cukai dan urusan lainnya dengan biaya yang lebih hemat. Dengan begitu kamu tidak perlu repot mengurusnya sendirian.

Nah secara umum, begini cara mengirim barang ke Belanda menggunakan jasa forwarder.

  1. Tentukan jenis barang yang mau dikirim. Pastikan mau mengetahui jenis barang yang akan dikirim, apakah itu barang pecah belah, mudah terbakar, atau jenis barang lainnya. Hal ini akan membantumu menentukan kurir atau forwarder yang tepat untuk pengiriman.
  2. Pilih jasa forwarder yang terpercaya dan memiliki pengalaman dalam pengiriman internasional. Pastikan mau sudah memeriksa reputasi mereka dan membandingkan biaya dan layanan yang ditawarkan.
  3. Tentukan opsi pengiriman, misalnya pengiriman ekspres, pengiriman reguler, atau pengiriman dengan fitur tracking. Tentukan opsi yang sesuai dengan kebutuhanmu.
  4. Persiapkan paket dengan benar dan sesuai dengan aturan dan peraturan pengiriman internasional. Pastikan juga kamu telah menempatkan barang dengan aman dan menambahkan bahan-bahan penyangga atau pengaman jika diperlukan.
  5. Pilih opsi asuransi. Jika barangmu memiliki nilai yang tinggi, pertimbangkan untuk menambahkan opsi asuransi untuk melindungi barang dari risiko selama pengiriman.
  6. Bayar biaya pengiriman dan pajak impor yang diperlukan sebelum pengiriman.
  7. Berikan informasi yang lengkap tentang alamatmu sebagai pengirim dan alamat penerima, nomor telepon yang dapat dihubungi, dan tag pengiriman yang jelas.
  8. Pastikan untuk memantau pengiriman barangmu menggunakan nomor pelacakan yang diberikan oleh pihak forwarder. Jika ada masalah atau keterlambatan, segera hubungi mereka untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Sebenarnya masih banyak keuntungan lainnya jika kamu menggunakan jasa forwarder untuk mengirim barang ke luar negeri.

Apa keuntungan menggunakan jasa forwarder?

Dengan menggunakan jasa forwarder, kamu dapat menghemat waktu, biaya, dan energi yang dibutuhkan untuk mengatur pengiriman barang ke luar negeri secara mandiri. 

Forwarder dapat membantu memastikan pengiriman barang berjalan lancar dan efisien sehingga kamu dapat fokus pada bisnis utama tanpa perlu khawatir tentang logistik pengiriman barang.

Mari kita simpulkan apa saja keuntungan menggunakan jasa forwarder?

1. Pengalaman dan keahlian. Forwarder memiliki pengalaman dan keahlian dalam pengiriman internasional, termasuk persyaratan dokumen, prosedur bea cukai, pengemasan dan pelabelan barang, serta peraturan dan undang-undang terkait yang berlaku di setiap negara.

2. Jaringan yang luas. Forwarder memiliki jaringan yang luas dan dapat membantu mengatur pengiriman barang ke berbagai negara, termasuk negara yang sulit dijangkau.

3. Efisiensi biaya dan risiko pengiriman. Menggunakan jasa forwarder dapat membantu mempercepat proses pengiriman dan menghindari kesalahan yang dapat mengakibatkan penundaan atau biaya tambahan. 

Forwarder dapat membantu menemukan solusi pengiriman yang lebih hemat biaya dan menghindari biaya tambahan juga, seperti biaya penyimpanan, biaya handling, dan biaya peralatan.

4. Manajemen risiko. Forwarder dapat membantu mengelola risiko seperti kerusakan barang, kehilangan, atau masalah bea cukai.

5. Layanan tambahan. Forwarder dapat menawarkan layanan tambahan seperti asuransi, pelacakan barang, atau penanganan barang berbahaya.

Berapa biaya mengirim paket ke Belanda?

Perihal biaya kirim barang atau paket ke luar negeri sering kali menjadi momok buat kita. Bisa jadi karena jumlahnya mahal dan kita sendiri belum yakin dengan pihak kurir atau forwarder tertentu.

Alhasil, kita jadi merasa tidak yakin tiap kali menanyakan biaya pengiriman karena kita khawatir dengan jumlah yang terlalu besar akan dibebankan kepada kita.

Dalam hal ini, kita perlu memilih forwarder yang terpercaya dan berpengalaman.

Kita bisa mempertimbangkan Arahin.id sebagai forwarder dan sekaligus konsultan terpercaya yang bisa membantu kita mengirim barang ke luar negeri dengan mudah dan tanpa tipu-tipu.

Arahin menawarkan opsi kirim barang dari Indonesia ke berbagai negara dan sebaliknya juga. Khusus untuk pengiriman barang atau paket ke Belanda, berikut ini biaya resmi yang bisa kamu jadikan referensi.

Berat Barang

Kisaran Biaya Kirim (/kg)

 

Update Harga 29 Sep 2023

1 kg - 3 kg

Rp550.000 - Rp940.000

4 kg - 5 kg

Rp445.000 - Rp490.000

6 kg - 15 kg

Rp345.000 - Rp385.000

16 kg - 44 kg

Rp265.000 - Rp325.000

45 kg - 70 kg

Rp.250.000 /kg

71 kg - 99 kg

Rp.225.000 /kg

100 kg - 299 kg

Rp.215.000 /kg

*Harga berdasarkan update harga tanggal 29 September 2023, kunjungi harga terbaru dan terupdate di sini.

Jenis barang yang bisa dikirim pun bervariasi. Jika kamu mau mengirim surat ke Belanda atau mengirim dokumen ke Belanda, kamu bisa menggunakan referensi biaya dari tabel di atas.

Namun tentu biaya di atas baru sebatas kisaran. Ada beberapa faktor lain yang akan menentukan total biaya pengiriman barangmu ke Belanda nantinya, yaitu:

  • Besar dan berat paket akan memengaruhi biaya pengiriman. Semakin besar dan berat paket, maka semakin tinggi biayanya.
  • Selain bobot, jarak antara negara asal dan tujuan pengiriman juga memengaruhi biaya pengiriman.
  • Durasi pengiriman antara opsi pengiriman ekspres akan lebih mahal dibandingkan dengan opsi pengiriman reguler. Kamu perlu pertimbangkan poin ini dengan saksama.
  • Jenis pengiriman yang kamu pilih, yaitu antara pengiriman darat atau laut akan lebih murah dibandingkan pengiriman melalui udara.
  • Jika barang yang dikirim memiliki nilai jual yang tinggi, maka biaya pengiriman akan lebih mahal. Kamu juga dapat mempertimbangkan opsi asuransi untuk melindungi barang selama pengiriman.
  • Besaran pajak dan bea cukai juga dapat memengaruhi biaya pengiriman, tergantung pada jenis barang dan negara tujuannya.
  • Sebagian dari penambahan biaya pengeluaran akibat kenaikan harga bensin biasanya akan dibebankan kepada pelanggan.
  • Layanan tambahan seperti asuransi, fitur tracking, dan pengiriman yang memerlukan tanda tangan juga dapat menambah biaya pengiriman.

Andalkan Arahin.id untuk mengirim paket ke luar negeri dengan mudah dan aman

Bagi kamu yang sedang mencari solusi untuk mengirim barang ke luar negeri dengan aman dan mudah, sekaligus mengoptimalkan bisnis ekspor-impor dari Indonesia ke negara lain atau sebaliknya, maka Arahin.id adalah konsultan terpercaya yang bisa kamu andalkan.

Arahin.id menawarkan layanan konsultasi pengiriman barang internasional terlengkap, membantu kamu menavigasi regulasi perdagangan, prosedur ekspor-impor, serta strategi bisnis yang efektif. 

Salah satunya adalah mengirim paket dari Indonesia ke Belanda dan sebaliknya mengirim paket dari belanda ke indonesia.

Tidak terbatas di benua Asia atau Eropa saja, Arahin.id bisa membantumu mengirim barang ke negara-negara di Australia, Amerika, dan Afrika.

Kamu dapat mengakses informasi terbaru dan berkonsultasi dengan tim ahli kami secara online untuk mendapatkan solusi yang efektif dan sekaligus hemat untukmu.

Yuk, cek keunggulan dan biaya mengirim paket ke Belanda cuma di Arahin.id.

Isi konten: