Masih Ragu mau impor atau ekspor? atau baru pertama kali?

Langsung saja hubungi arahin.id, kami siap membantu, menjawab setiap pertanyaan Anda!

Hongkong merupakan salah satu kota metropolitan yang terkenal di dunia dengan ekonomi yang maju dan pesat. Banyak perusahaan dan individu yang membutuhkan jasa pengiriman dokumen ke Hongkong, entah itu untuk keperluan bisnis atau personal. 

Berbeda dengan paket berisi barang atau stok produksi, pengiriman dokumen biasanya lebih murah karena beratnya juga lebih ringan. 

Tapi, perlu diperhatikan juga bahwa dokumen biasanya bersifat penting, sehingga harus memilih jasa ekspedisi terpercaya yang mampu mengirim dokumen dengan aman. 

Sebelum kirim dokumen ke Hongkong, sebaiknya ketahui dulu hal-hal mengenai pengiriman ke luar negeri melalui artikel berikut.

Biaya kirim dokumen ke Hongkong

Biaya pengiriman dokumen ke Hongkong tergantung pada berbagai faktor seperti berat dokumen, jenis layanan pengiriman, dan jarak antara negara pengirim dan penerima. 

Terdapat beberapa perusahaan jasa pengiriman dokumen ke Hongkong yang menawarkan harga yang kompetitif dan layanan yang bervariasi. Berikut adalah beberapa perusahaan pengiriman dokumen ke Hongkong dan perkiraan biayanya.

1. DHL

DHL adalah salah satu perusahaan jasa pengiriman internasional yang menawarkan layanan pengiriman dokumen ke Hongkong. 

Biaya pengiriman dokumen dengan layanan DHL Express Worldwide berkisar antara Rp 500 ribu hingga Rp 2 juta, tergantung pada berat dan ukuran dokumen.

DHL menawarkan layanan pengiriman dokumen ke Hongkong dengan perkiraan waktu pengiriman antara 2-3 hari kerja.

2. FedEx

FedEx juga menawarkan layanan pengiriman dokumen ke Hongkong dengan biaya yang kompetitif. 

Biaya pengiriman dokumen dengan layanan FedEx International Priority berkisar antara Rp 450 ribu hingga Rp 1,5 juta, tergantung pada berat dan ukuran dokumen, dengan durasi pengiriman 2-4 hari kerja.

3. UPS

UPS juga menyediakan layanan pengiriman dokumen ke Hongkong dengan biaya yang bervariasi. Biasanya, UPS bisa kirim paket ke Hongkong dari Indonesia dengan durasi 2-4 hari kerja.

Biaya pengiriman dokumen dengan layanan UPS Worldwide Express Saver berkisar antara 500 ribu hingga 2 juta rupiah, tergantung pada berat dan ukuran dokumen. 

4. Pos Indonesia

Bukan cuma mengirimkan surat ke seluruh Indonesia, layanan Pos Indonesia juga bisa dimanfaatkan untuk mengirimkan barang ke luar negeri, termasuk ke Hongkong.

Bahkan, Pos Indonesia menyediakan layanan pengiriman dokumen ke Hongkong dengan harga yang lebih terjangkau. Pos Indonesia menyediakan layanan Pos EMS (Express Mail Service) untuk pengiriman ke luar negeri. 

Ongkos kirim ke Hongkong via pos berkisar antara Rp 50-60 ribu, tergantung pada berat dan ukuran dokumen. Namun, durasinya cenderung lebih lama, bisa mencapai 2-3 bulan. 

5. JNE Express

JNE Express menyediakan layanan pengiriman dokumen ke Hongkong dengan harga yang bervariasi tergantung pada jenis layanan yang dipilih. 

Biaya pengiriman dokumen dengan layanan JNE International Priority Start dari Jakarta ke Hongkong berkisar antara Rp 580 ribu hingga 1,4 juta, tergantung pada berat dan ukuran dokumen.

6. J&T Express

J&T Express juga menawarkan layanan pengiriman dokumen ke Hongkong dengan harga yang kompetitif dan durasi pengiriman sekitar 7-14 hari kerja. 

Ongkos kirim ke Hongkong untuk dokumen dengan layanan J&T International Priority dari Jakarta ke Hongkong berkisar antara Rp 700 ribu hingga 1,9 juta, tergantung pada berat dan ukuran dokumen.

7. TiKi

TiKi juga menyediakan layanan pengiriman dokumen ke Hongkong dengan harga yang bervariasi namun tetap lebih terjangkau dibandingkan beberapa ekspedisi kirim ke Hongkong lainnya. 

Biaya pengiriman dokumen dengan layanan TiKi International Priority dari Jakarta ke Hongkong berkisar antara Rp 550 ribu hingga 2,1 juta, tergantung pada berat dan ukuran dokumen.

Berapa hari kirim paket ke Hongkong?

Waktu pengiriman paket ke Hongkong tergantung pada berbagai faktor, seperti jenis layanan pengiriman, jarak antara negara pengirim dan penerima, serta waktu pengiriman. 

Umumnya, paket yang dikirimkan dari Indonesia ke Hongkong memakan waktu sekitar 2-5 hari kerja jika menggunakan layanan ekspres seperti DHL, FedEx, UPS, JNE Express, dan J&T Express. 

Namun, jika menggunakan layanan pengiriman reguler, waktu pengiriman dapat memakan waktu yang lebih lama, antara 7-14 hari kerja tergantung pada jarak antara negara pengirim dan penerima. 

Selain itu, kalau menggunakan Pos Indonesia, durasinya bisa lebih lama, sekitar 2-3 bulan, tergantung kota asal pengiriman.

Penting untuk diketahui bahwa waktu pengiriman dapat berubah tergantung pada situasi dan kondisi di lapangan, seperti cuaca buruk, masalah keamanan, dan lain sebagainya. 

Cara kirim dokumen ke Hongkong

Supaya dokumen sampai dengan aman di lokasi tujuan, sebaiknya ikuti cara kirim surat ke Hongkong berikut saat akan kirim dokumen ke Hongkong. 

1. Siapkan dokumen yang akan dikirim

Pastikan dokumen yang akan dikirim sudah lengkap dan tidak ada kesalahan. Pastikan juga bahwa dokumen tersebut telah dipindai atau difotokopi jika diperlukan. 

Setelah dokumen siap, simpan dokumen dalam amplop atau bungkus paket yang tepat agar dokumen tersebut tidak rusak saat dalam perjalanan.

2. Kunjungi kantor jasa pengiriman atau pos terdekat

Setelah dokumen siap, pilihlah perusahaan jasa pengiriman atau layanan pos yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran. 

Beberapa perusahaan jasa pengiriman yang bisa dipilih antara lain DHL, FedEx, UPS, Pos Indonesia, JNE Express, J&T Express, dan TiKi. 

Selanjutnya, kunjungi kantor cabang atau agen dari perusahaan jasa pengiriman atau layanan pos yang dipilih. Jika menggunakan layanan pos, kunjungi kantor pos terdekat.

3. Berikan dokumen dan informasi yang diperlukan

Serahkan dokumen yang akan dikirim ke petugas di kantor cabang atau agen. Jika menggunakan layanan pos, Anda akan diberikan amplop atau paket untuk menempatkan dokumen tersebut. 

Berikan informasi mengenai alamat tujuan di Hongkong dan pastikan informasi yang diberikan lengkap dan akurat. 

Petugas akan memberikan formulir pengiriman untuk diisi, di antaranya adalah nama dan alamat pengirim, alamat penerima, jenis layanan pengiriman, berat dan dimensi dokumen, dan biaya pengiriman.

4. Pilih jenis layanan pengiriman 

Pilih jenis layanan pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran. Misalnya, jika ingin dokumen tersebut sampai dalam waktu singkat, bisa memilih layanan pengiriman ekspres. 

Setelah itu, bayar biaya pengiriman sesuai dengan jenis layanan pengiriman yang dipilih dan berat dokumen yang akan dikirim. Jangan lupa untuk meminta bukti pembayaran.

5. Tunggu sampai dokumen sampai ke alamat tujuan

Setelah dokumen dikirimkan, tunggu hingga dokumen tersebut sampai ke alamat tujuan di Hongkong. 

Pastikan untuk memeriksa status pengiriman dokumen secara berkala dengan menggunakan nomor resi yang diberikan oleh perusahaan jasa pengiriman atau layanan pos. 

Kirim dokumen ke Hongkong dengan Arahin.id

Arahin.id juga merupakan solusi pengiriman yang dapat membantu dalam proses ekspor dan impor barang dari Indonesia ke Hongkong. 

Sebagai perusahaan jasa pengiriman yang berpengalaman, Arahin.id menyediakan berbagai layanan yang dapat memenuhi kebutuhan pengiriman, termasuk saat akan kirim dokumen ke Hongkong.

Layanan pengiriman udara dan laut merupakan dua jenis layanan yang disediakan oleh Arahin.id untuk pengiriman barang ke Hongkong. 

Selain itu, Anda dapat memilih layanan yang sesuai dengan nilai barang yang dikirimkan untuk memastikan pengiriman barang Anda ke Hongkong aman dan terlindungi.

Isi konten: