Masih Ragu mau impor atau ekspor? atau baru pertama kali?

Langsung saja hubungi arahin.id, kami siap membantu, menjawab setiap pertanyaan Anda!

Salah satu tahapan yang sangat penting dalam proses ekspor ataupun pengiriman barang adalah proses packing. Misal, ketika Anda ingin mengirim gitar, tentu saja gitar tersebut tidak dikirim begitu saja tanpa pelindung. Pastinya, gitar tersebut harus dipacking terlebih dahulu sebelum dikirimkan.

Packing yang baik sangat dibutuhkan untuk melindungi paket Anda dari goresan, benturan, dan kebocoran. Jadi, pastikan paket Anda dikemas dengan sangat baik untuk mendapatkan perlindungan ekstra.

Jenis Packing Barang yang Aman

Untuk Anda ketahui, ada banyak sekali jenis-jenis packing barang berdasarkan kebutuhan. Dari sekian banyak jenis tersebut, beberapa diantaranya dianggap sebagai packing yang paling aman apa sajakah itu? Mari simak penjelasannya berikut ini.

Packing Kayu

Packing kayu dinilai aman karena tahan dengan segala benturan sehingga barang yang ada di dalamnya tidak mudah rusak. Memang jika menggunakan packing ini, pengirim harus mengeluarkan biaya ongkir lebih mahal.

Akan tetapi, ada jaminan keamanan barang yang bisa membuat kita merasa tenang. Satu lagi, packing kayu ini hanya berfungsi melindungi bagian luarnya saja. Pada bagian dalam, juga harus dilapisi dengan kemasan lain.

Packing jenis ini biasanya digunakan untuk mengirim barang-barang seperti barang-barang pecah belah, elektronik dan berharga tinggi.

Packing Plastik

Apakah aman mempacking barang dengan plastik? Jawabannya pasti aman asalkan digunakan untuk membungkus barang yang sesuai. Misal digunakan untuk membungkus pakaian.

Dalam packing, plastik dapat digunakan untuk melindungi barang dari berbagai masalah, seperti goresan dan air sehingga paket yang sampai ke tangan pembeli tetap terjaga kualitasnya. Biasanya plastik hanya dijadikan sebagai lapisan awal saja, harus ada lapisan lain untuk melindungi barang.

Packing Kardus

Jenis packing ketiga yang aman yakni menggunakan kardus. Alasannya adalah kardus bisa membuat barang aman dari goresan dan benturan.

Kardus cocok digunakan untuk membungkus barang-barang seperti sepatu, alat elektronik, dan lain sebagainya yang sekiranya tidak terlalu berat dan besar. Akan tetapi, barang-barang tersebut juga harus dilapisi terlebih dahulu menggunakan plastik agar paket semakin kuat dan tahan air.

Packing Strapping Band

Dalam dunia packing, strapping band biasanya digunakan untuk mengikat barang-barang yang berat dalam kuantitas yang banyak. Strapping band sendiri terbagi menjadi tiga jenis yaitu strapping polypropylene, Strapping polyester, dan Strapping steel.

Strapping polypropylene terbuat dari plastik yang digunakan untuk mengikat bahan kertas, pakaian, makanan, peralatan, dan lain sebagainya. Strapping polyester digunakan untuk mengikat bahan yang kaku, seperti logam, kayu, botol, ubin, dan lain-lain. Sementara itu strapping steel digunakan untuk mengikat bahan bangunan, baja, peralatan industri berat.

Packing Bubble Wrap

Sebenarnya packing bubble wrap ini mirip-mirip dengan packing menggunakan plastik. Akan tetapi, bubble wrap memiliki keunggulan yaitu adanya gelembung udara yang dapat menahan benturan paket yang Anda kirimkan.

Bubble wrap sangat cocok digunakan untuk membungkus barang elektronik, pecah belah, atau barang rentan rusak lainnya. Namu pengemasan dengan bubble wrap sebaiknya hanya sebagai lapisan awal saja, paket masih perlu mendapatkan lapisan ekstra supaya semakin aman.

Packing Amplop

Amplop dikhususkan untuk membungkus paket yang berjenis dokumen atau surat-surat berharga lainnya. Packing ini harus diberikan perhatian ekstra karena jika sampai rusak, bakal repot untuk mengurusnya lagi.

Packing Shrink Film

Shrink film adalah bahan yang terbuat dari  plastik yang tipis dan dilem atau dilipat agar terbentuk sesuai pola. Shrink film biasanya digunakan oleh penjual daging, roti, kue karena dinilai aman, mudah dibawa, dan ringan.

Untuk diketahui, shrink film tidak cocok digunakan sebagai pembungkus barang atau makanan yang bervolume besar.

Itulah dia jenis-jenis packing barang yang dinilai aman. Kalau Anda butuh jasa ekspor barang dengan packing super aman, jawabannya adalah Arahin.id

Isi konten: