Masih Ragu mau impor atau ekspor? atau baru pertama kali?

Langsung saja hubungi arahin.id, kami siap membantu, menjawab setiap pertanyaan Anda!

Sebagaimana yang diketahui, Indonesia telah mencatatkan nilai Ekspor yang cukup tinggi sepanjang tahun 2022. Meskipun saat itu, Indonesia dan dunia telah dihantam.

Dan Amerika Serikat menjadi salah satu negara yang paling banyak menerima ekspor dari Indonesia. Berdasarkan data yang dirilis oleh Kementerian Perindustrian, nilai ekspor  Indonesia mencapai US$49,63 juta pada 2022.

Apa Saja Ekspor Utama di Amerika Serikat

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada April 2022, Amerika Serikat menjadi negara tujuan ekspor nonmigas kedua terbesar Indonesia. Tidak hanya nonmigas saja, nilai ekspor migas juga berkembang pesat jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Jika melihat dari 10 tahun terakhir, tahun 2020 menjadi tahun dengan nilai ekspor tertinggi ke Amerika Serikat.

Apa saja barang atau komoditas yang telah dikirim Indonesia ke Amerika Serikat dan apakah memberikan keuntungan bagi Indonesia? Mari simak penjelasan selengkapnya pada artikel berikut ini

Pakaian dan Rajutan

Produk pertama yang banyak diekspor ke Amerika Serikat adalah pakaian, rajutan, dan sejenisnya dengan nilai ekspor sebesar US$ 1,89 miliar pada tahun 2022. Namun nilai tersebut sedikit mengalami penurunan jika dibandingkan sebelumnya sebesar US$ 2,18 miliar.

Mesin dan Peralatan Listrik

Selain pakaian, produk ekspor utama ke Amerika Serikat lainnya adalah mesin dan peralatan listrik termasuk bagian-bagiannya. Mesin dan bagian-bagian yang berhubungan dengan kelistrikan diekspor ke Amerika Serikat dengan nilai ekspor sebesar US$ 1,72 miliar pada tahun 2020.

Karet

Karet juga mencatatkan nilai ekspor yang sangat tinggi ke Amerika Serikat. Nilai ekspornya mencapai US$ 1,49 miliar. Bahkan tidak cuma ke Amerika Serikat saja, karet di Indonesia juga banyak diekspor ke berbagai negara lain seperti Jepang, Korea Selatan, China, dan India.

Alas Kaki dan Sejenisnya

Produk keempat yang juga sering diekspor ke Amerika Serikat adalah alas kaki dan sejenisnya. Contohnya sandal, sepatu, dan sepatu sandal dengan nilai ekspor yang mencapai  US$ 1,38 miliar. Meskipun terlihat sebagai barang sederhana, tetapi alas kaki cukup banyak diminati di pasar Amerika Serikat.

Timah

Meskipun sempat dihantam pandemi Covid 19, tidak membuat ekspor timah terlalu merosot tajam. Justru hingga Maret 2023, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, ekspor timah naik sebesar US$ 1,38 miliar. Dimana sebagian dari timah tersebut diekspor ke Amerika Serikat

Tidak hanya Amerika saja, timah Indonesia juga dikirim ke bebeberapa negara lainnya seperti China, Jepang, dan India.

Bauksit

Bauksit adalah mineral yang mengandung aluminium oksida dan silika serta titanium. Bauksit merupakan salah satu logam mulia yang paling dibutuhkan di era industri modern seperti saat ini.

Sehingga wajar saja jika banyak negara meminatinya, termasuk itu Amerika Serikat. Antam merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi bauksit dengan total produksi mencapai 1,55 juta ton tahun 2020. Sebagian bauksit tersebut diekspor ke negara Amerika Serikat.

Jasa Ekspor ke Amerika Serikat

Jika Anda ingin mengekspor produk ke Amerika Serikat baik komoditas maupun non komoditas, akan tetapi belum mempunyai izin untuk melakukannya, jangan bingung dan jangan khawatir. Arahin siap membantu Anda mewujudkannya.

Arahin merupakan penyedia jasa ekspor impor ke dan dari berbagai negara di dunia. Anda bisa ekspor ke negara manapun di dunia ini. Tidak ada minimal pengiriman, mau ekspor satu barang pun pasti akan kami layani dengan sangat baik.

Selain itu, Arahin juga sudah terintegrasi dengan kurir lokal sehingga Anda hanya memerlukan satu layanan pengiriman dari negara asal ke alamat Anda maupun sebaliknya. Untuk informasi selengkapnya, Anda bisa menghubungi kami melalui (021) 22305163

 

 

Isi konten: