Masih Ragu mau impor atau ekspor? atau baru pertama kali?

Langsung saja hubungi arahin.id, kami siap membantu, menjawab setiap pertanyaan Anda!

 Terdapat keunikan tentang cara mengirim paket ke luar negeri, khususnya menyangkut kerumitan persyaratan administrasi dan pemeriksaan bea cukai.

Tapi jangan cemas, kita akan membahas langkah-langkah utama yang perlu diperhatikan buat kamu yang mau mengirim paket ke luar negeri, seperti memilih jasa pengiriman yang terpercaya, teknis pengemasan yang kuat dan aman, persyaratan bea cukai, serta memanfaatkan pelacakan pengiriman untuk memantau perjalanan paket. 

Harapannya dengan memahami prosedur yang tepat, kamu bisa mengetahui langkah-langkah mengamankan paketmu tiba di luar negeri sesuai alamat yang dituju.

Cara terbaik mengirim paket ke luar negeri dengan urutan langkah-langkah ini

Sebagai pedomanmu, mari kita bahas cara yang benar mengirim paket ke luar negeri dalam bentuk langkah-langkah secara berurutan, mulai dari mengemas paket sendiri di rumah hingga memantau lokasi paket terkini secara online.

Langkah 1 : Persiapkan bahan kemasan yang paling sesuai dengan jenis barangmu

Pilih kotak atau wadah yang sesuai dengan ukuran dan kebutuhan paket. Pastikan kotak tersebut kuat dan cukup besar untuk memuat barang dengan aman. Sediakan juga bahan pengaman tambahan, seperti bubble wrap, kertas isian, atau styrofoam untuk melindungi barang di dalam paket.

Letakkan barang-barang di dalam kotak dengan hati-hati, pastikan semua sisi sudah terlindungi dengan bahan pengaman secukupnya. Hindari membiarkan barang-barang saling bersentuhan atau bergerak di dalam kotak. Pastikan juga paket tersebut tidak terlalu berat dan masih memenuhi batasan berat yang ditetapkan oleh jasa pengiriman.

Langkah 2 : Jangan lupa kelengkapan dokumen yang diperlukan untuk persyaratan administrasi

Pastikan kamu memiliki semua dokumen yang diperlukan, seperti faktur, bukti pembelian, dan formulir bea cukai. Isi formulir bea cukai dengan lengkap dan jujur, termasuk deskripsi barang, nilai, dan tujuan pengiriman.

Langkah 3 : Utamakan memilih jasa pengiriman terbaik yang sudah berpengalaman

Cara mengirim paket ke luar negeri yang selanjutnya adalah mengelompokkan nama-nama perusahaan ekspedisi yang menawarkan jasa pengiriman dengan cakupan radius berskala internasional. Utamakan jasa freight forwarder yang sudah memiliki reputasi terbaik.

Bandingkan satu demi satu menyangkut harga, waktu pengiriman, dan layanan yang mereka tawarkan. Pastikan jasa pengiriman tersebut dapat mengirim ke negara tujuan yang kamu inginkan.

Langkah 4 : Konsultasikan anggaranmu dan tentukan penjadwalan pengiriman paketmu

Sekarang kamu sudah menjatuhkan pilihan soal perusahaan ekspedisi andalanmu. Jangan terburu-buru, coba konsultasikan keperluan dan anggaranmu bersama mereka untuk mendapatkan saran dan solusi yang paling cocok.

Setelah semua beres, saatnya kamu mengatur jadwal pengiriman yang sesuai dengan keinginanmu dan pastikan kamu mendapatkan nomor pelacakan (tracking number) sebagai referensi. 

Lakukan semua ini secara online dan jangan lupa untuk melakukan pembayaran sesuai dengan tarif yang ditetapkan dan simpan bukti pembayarannya.

Langkah 5 : Berikan label pada paket

Perhatikan dengan cermat persyaratan dan aturan yang berlaku untuk label pengiriman. Pastikan label pengiriman terpasang dengan jelas dan mencakup alamat penerima, nomor telepon, serta kode pos tujuan. Pastikan juga label tersebut tidak mudah rusak atau terlepas selama pengiriman.

Langkah 6 : Serahkan paket kepada jasa pengiriman yang kamu pilih

Selanjutnya serahkan paketmu kepada jasa pengiriman yang kamu sudah pilih sebelumnya. Pastikan untuk menyerahkan paket kepada petugas yang bertanggung jawab dan dapat memberikan bukti penyerahan.

Sebagian perusahaan ekspedisi memiliki fitur penjemputan paket di rumah pengirim. Fitur ini sangat memudahkan kita, jadi kita tidak perlu keluar rumah untuk mengirim paket.

Salah satu perusahaan ekspedisi yang menawarkan penjemputan paket di rumah adalah Arahin. Arahin adalah perusahaan freight forwarder yang sudah berpengalaman dan cocok sebagai pilihan utama buat kamu yang mau mengirim paket ke luar negeri.

Salah satu keunggulan Arahin adalah layanan pengiriman door to door yang berupa penjemputan paket dari rumahmu dan diantar langsung ke alamat tujuan tanpa dipungut biaya tambahan lagi.

Langkah 7 : Pantau paketmu sudah sampai mana secara online

Gunakan nomor pelacakan (tracking number) yang diberikan oleh jasa pengiriman untuk memantau perjalanan paketmu secara online. Kunjungi situs web jasa pengiriman pilihanmu itu atau gunakan aplikasinya untuk mendapatkan informasi tentang lokasi dan status pengiriman paket.

Langkah-langkah di atas menjadi cara mengirim paket ke luar negeri yang paling benar agar paketmu bisa tiba di tujuan dengan aman. Perhatikan tiap langkah secara saksama dan pastikan upaya pengamananmu sudah maksimal. Jangan sampai karena kecerobohan sedikit saja, menjadikan kiriman paketmu terhambat atau bahkan ditolak.

Faktor apa saja yang berisiko menghambat pengiriman paket ke luar negeri?

Walau kita sudah melakukan tindakan pencegahan dan bahkan sudah bermitra dengan perusahaan jasa ekspedisi sekalipun, masih ada risiko-risiko tidak terduga yang bisa saja menghambat kelancaran pengiriman paket kita.

Apa saja faktor-faktor yang dapat menghambat pengiriman paket kita ke luar negeri?

  • Persyaratan bea cukai yang kompleks dan beragam di berbagai negara dapat menghambat pengiriman paket. Proses pemeriksaan dan pemrosesan di bea cukai bisa memakan waktu lama, terutama jika dokumen tidak lengkap atau terjadi kesalahan dalam pengisian formulir.
  • Setiap negara memiliki larangan khusus terkait impor barang tertentu. Barang-barang seperti bahan berbahaya, senjata, produk ilegal, atau barang dengan nilai kultural atau historis tinggi mungkin dilarang untuk diimpor. Jika paketmu terkait dengan barang-barang yang dilarang, pengiriman bisa terhambat atau bahkan ditolak.
  • Sebagian negara menerapkan prosedur pemeriksaan keamanan yang sangat ketat untuk paket-paket yang masuk. Hal ini menjadi tidak terhindarkan lagi sehingga menyebabkan penundaan dalam pengiriman karena paket harus melewati pemeriksaan X-ray, pengujian, atau inspeksi fisik secara lebih rinci.
  • Kendala logistik seperti cuaca buruk, bencana alam, pemogokan, atau gangguan transportasi dapat menghambat pengiriman paket. Penundaan di perjalanan, kehilangan paket, atau kerusakan juga bisa terjadi akibat masalah logistik yang tidak terduga.
  • Saat terjadi krisis atau situasi darurat, pemerintah bisa memberlakukan pembatasan pengiriman internasional. Hal ini dapat menghambat pengiriman paket atau menyebabkan penundaan signifikan dalam proses pengiriman.
  • Jika paket tidak dikemas dengan benar atau tidak memenuhi standar pengiriman internasional, hal ini dapat menyebabkan kerusakan atau penolakan paket oleh jasa pengiriman. Bahan kemasan yang tidak memadai atau ketidaksesuaian dengan aturan jasa pengiriman dapat menyebabkan masalah dalam pengiriman paket.
  • Meskipun pelacakan pengiriman sangat penting untuk memonitor paket, terkadang terjadi kesalahan atau kegagalan dalam sistem pelacakan. Ini dapat menyebabkan ketidakjelasan dalam mengetahui lokasi dan status terkini paketmu.

Perlu diingat bahwa faktor-faktor di atas dapat bervariasi tergantung pada negara tujuan, kondisi saat ini, serta kebijakan dan regulasi yang berlaku. Penting untuk selalu memeriksa persyaratan dan kondisi terkini sebelum mengirim paket ke luar negeri.

Mau dapat pengalaman mengirim paket ke luar negeri dengan aman, pilih Arahin.id

Percayakan kepada Arahin.id sebagai mitra yang terbaik untuk pengiriman berskala internasional. Arahin menyediakan layanan ekspor/impor terlengkap yang mencakup penjemputan dan pengantaran barang di dalam dan luar negeri tanpa biaya tambahan.

Selain itu, ada juga kemudahan pengurusan administrasi yang lengkap, serta layanan pelacakan secara real-time selama 24 jam. Apakah kamu mengirim paket kecil atau besar, Arahin menjamin pengiriman tepat waktu hingga tujuan dengan membuka jadwal pengiriman tiap hari. 

Biaya pengiriman yang sangat hemat serta dukungan kemudahan bagi pelanggan dalam mengirimkan paket ke berbagai negara. 

Bersama Arahin.id, kamu dapat ketenangan penuh bahwa paketmu akan diurus dengan baik dan tiba tepat waktu. Percayakan kiriman paket ke luar negeri kepada Arahin.id, dan rasakan keamanan, kemudahan, dan keandalan dalam setiap pengiriman yang kamu lakukan. 

Isi konten: