Masih Ragu mau impor atau ekspor? atau baru pertama kali?

Langsung saja hubungi arahin.id, kami siap membantu, menjawab setiap pertanyaan Anda!

Sebagian besar orang mungkin pernah berbisnis, akan tetapi hanya sebatas lokal saja, dimana pengiriman barang atau produk masih dalam satu negara atau satu daerah. Tidak banyak orang yang sukses berbisnis skala internasional.

Salah satu penyebabnya adalah karena ketidaktahuan bagaimana cara menentukan produk yang tepat untuk diekspor. Untuk diketahui, tidak semua produk cocok dijadikan bisnis terlebih lagi harus melakukan ekspor keluar negeri, misalnya ekspor ke China. Karena ada produk-produk tertentu yang sebenarnya kurang diminati di luar negeri.

Maka dari itu, Arahin akan menjelaskan kiat-kiat apa saja yang bisa Anda terapkan dalam memilih produk untuk diekspor ke dalam negeri.

Cara Menentukan Produk yang Tepat untuk Diekspor

Memilih produk untuk dijual keluar negeri tidak bisa asal-asalan, dampaknya jika sampai produk tersebut tidak laku membuat bisnis Anda semakin merugi. Untuk meminimalisir hal tersebut, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan yaitu :

Mengetahui Pasar Ekspor

Cara pertama, Anda harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana kondisi pasar ekspor saat ini. Maksudnya adalah mengetahui apa saja kira-kira produk, barang, atau komoditas yang laku secara internasional.

Bagaimana cara mengetahuinya? Tentu saja dengan melakukan riset baik melalui internet, video, gambar, maupun media-media lainnya. Untuk diketahui pada saat ini beberapa komoditas seperti kelapa sawit, kakao, kacang mede, kelapa, karet, madu, manggis, tembakau, teh, kayu, sarang walet dan batubara sangat laris. Namun Anda bisa menjual produk lain selama itu memiliki pasar ekspor yang bagus.

Dalam melakukan riset, pastikan Anda benar-benar mendapatkan informasi dari sumber yang terpercaya, misalnya website resmi Kementerian atau Lembaga Negara. Jangan langsung telan mentah-mentah informasi tersebut sebelum Anda cek kebenarannya.

Dan yang tidak kalah penting, pastikan data yang Anda peroleh tersebut adalah data ekspor terbaru. Karena data terbaru menandakan kondisi yang masih relevan.

Product Knowledge

Setelah mengetahui produk apa yang akan dijual, yang harus dilakukan selanjutnya adalah mempelajari product knowledge. Maksudnya adalah Anda harus mempelajari tentang produk yang akan dijual tersebut.

Sebagai contoh, jika Anda hendak menjual sepatu milik salah satu brand keluar negeri, seharusnya Anda tahu segala hal tentang sepatu itu termasuk apa saja kelebihannya. Jangan sampai ketika ditanya buyer dari luar negeri, justru Anda kebingungan sendiri karena tidak tahu.

Maka dari itu, sebelumnya menjualnya silakan pelajari terlebih dahulu mengenai produk yang akan Anda jual tersebut.

Pertimbangkan Modal

Pertimbangkan modal yang Anda miliki sebelum memutuskan berbisnis ekspor. Mengingat modal yang dibutuhkan cukup besar, maka Anda harus memilih produk yang tepat.

Walaupun barang atau produk tersebut laris di pasar internasional, tapi modal Anda kurang jangan paksakan lebih baik cari produk lain yang modalnya lebih terjangkau.Jangan sampai Anda harus pinjam uang kesana kemari hanya untuk menambah modal. Lebih baik mulailah bisnis dengan modal yang ada saat ini

Cara Memulai Bisnis Ekspor

Setelah produk sudah ditentukan, Anda bisa memulai bisnis ekspor. Anda dapat memulai bisnis ekspor dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  • Mengurus perizinan dan legalitas bisnis ekspor.
  • Mempelajari dokumen dalam proses ekspor.
  • Mengembangkan bisnis ekspor, di era sekarang alangkah lebih baik memanfaatkan internet dan teknologi.
  • Memasarkan bisnis ekspor

Itulah dia berbagai tips dan cara menentukan produk yang tepat untuk diekspor. Bila Anda ingin mengekspor barang keluar negeri, Arahin siap membantu Anda sampai barang tersebut sampai di negara tujuan. Hubungi kami untuk informasi selengkapnya.

Isi konten: