Masih Ragu mau impor atau ekspor? atau baru pertama kali?

Langsung saja hubungi arahin.id, kami siap membantu, menjawab setiap pertanyaan Anda!

Mengirim uang dari satu negara ke negara lainnya merupakan hal yang sering dilakukan untuk berbagai keperluan, seperti untuk membantu keluarga, membayar tagihan, atau membeli barang dari luar negeri. 

Bagi yang berada di Malaysia dan ingin mengirim uang ke Indonesia, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, seperti transfer langsung ke rekening bank atau secara online.

Apapun metode yang digunakan, pastikan untuk memilih metode yang paling aman. Simak penjelasan mengenai cara kirim uang dari Malaysia ke Indonesia di artikel berikut. 

Cara transfer uang dari Malaysia ke Indonesia melalui bank BCA

Ada banyak pengguna bank BCA di Indonesia. Sebagai bank populer, tidak heran kalau banyak yang mencari tahu cara transfer uang dari Malaysia ke Indonesia melalui bank BCA. Berikut ini caranya:

1. Buka rekening Bank BCA

Jika belum memiliki rekening Bank BCA, maka perlu membuka rekening terlebih dahulu. Anda bisa datang ke kantor cabang Bank BCA terdekat dengan membawa dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti KTP atau paspor, NPWP (jika ada), dan bukti alamat.

2. Aktifkan fitur transfer antar bank

Setelah memiliki rekening Bank BCA, pastikan untuk mengaktifkan fitur transfer antar bank. Proses aktivasi ini bisa melakukannya dengan datang ke kantor cabang Bank BCA atau menghubungi customer service Bank BCA melalui telepon atau email.

3. Siapkan informasi rekening penerima

Sebelum melakukan transfer, pastikan telah mengetahui informasi lengkap mengenai rekening penerima, seperti nama pemilik rekening, nomor rekening, nama bank, dan kode SWIFT/BIC (Bank Identifier Code) untuk transfer internasional.

4. Lakukan transfer melalui internet banking atau ATM

Anda dapat melakukan transfer melalui internet banking atau ATM. Untuk transfer melalui internet banking, perlu masuk ke akun internet banking dan memilih menu transfer antar bank.

Kemudian, masukkan informasi rekening penerima dan jumlah uang yang ingin ditransfer. Setelah itu, ikuti instruksi yang diberikan dan pastikan untuk memasukkan kode SWIFT/BIC dengan benar.

Untuk transfer melalui ATM, masukkan kartu ATM Anda dan pilih menu transfer. Kemudian, pilih transfer antar bank dan masukkan informasi rekening penerima serta jumlah uang yang ingin ditransfer. 

Ikuti instruksi yang diberikan oleh mesin ATM dan pastikan untuk memasukkan kode SWIFT/BIC dengan benar.

5. Tunggu konfirmasi transfer

Setelah melakukan transfer, tunggu beberapa saat hingga transfer selesai diproses oleh bank. Bank BCA akan mengirimkan konfirmasi transfer ke email atau nomor telepon yang terdaftar di akun.

Cara transfer uang dari Malaysia ke Indonesia melalui bank BRI

Selain BCA, transfer dari luar negeri juga bisa dilakukan secara langsung ke bank BRI. Berikut ini panduan cara transfer uang dari Malaysia ke Indonesia melalui bank BRI. 

1. Buka rekening Bank BRI

Jika belum memiliki rekening Bank BRI, perlu membuka rekening terlebih dahulu. Silakan bisa datang ke kantor cabang Bank BRI terdekat dengan membawa dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti KTP atau paspor, NPWP (jika ada), dan bukti alamat.

2. Siapkan informasi rekening penerima

Sebelum melakukan transfer, pastikan telah mengetahui informasi lengkap mengenai rekening penerima, seperti nama pemilik rekening, nomor rekening, nama bank, dan kode SWIFT/BIC (Bank Identifier Code) untuk transfer internasional.

3. Lakukan transfer melalui internet banking atau ATM

Anda dapat melakukan transfer melalui internet banking atau ATM. Untuk transfer melalui internet banking, perlu masuk ke akun internet banking Bank BRI dan memilih menu transfer antar bank. 

Kemudian, masukkan informasi rekening penerima dan jumlah uang yang ingin ditransfer. Setelah itu, ikuti instruksi yang diberikan dan pastikan untuk memasukkan kode SWIFT/BIC dengan benar.

Untuk transfer melalui ATM, masukkan kartu ATM Anda dan pilih menu transfer. Kemudian, pilih transfer antar bank dan masukkan informasi rekening penerima serta jumlah uang yang ingin ditransfer. 

Ikuti instruksi yang diberikan oleh mesin ATM dan pastikan untuk memasukkan kode SWIFT/BIC dengan benar.

Cara kirim uang dari Malaysia ke Indonesia online

Selain transfer ke bank, pengiriman uang antar negara juga bisa dilakukan dengan menggunakan jasa transfer online. Berikut ini beberapa caranya. 

1. Pilih layanan pengiriman uang

Pilih layanan pengiriman uang yang tersedia di Malaysia untuk pengiriman ke Indonesia. Beberapa layanan populer adalah TransferWise, PayPal, Skrill, dan lain-lain. 

Pastikan untuk membandingkan biaya transfer dan kurs mata uang yang ditawarkan oleh masing-masing layanan.

2. Buat akun dan verifikasi identitas

Setelah memilih layanan pengiriman uang yang ingin digunakan, buat akun dan verifikasi identitas. Biasanya pengguna baru perlu mengunggah dokumen identitas, seperti KTP atau paspor, dan informasi pribadi.

3. Isi informasi penerima

Setelah membuat akun dan memverifikasi identitas, masukkan informasi penerima, seperti nama, nomor rekening bank, nama bank, dan kode SWIFT/BIC (Bank Identifier Code) untuk transfer internasional.

4. Lakukan transfer

Setelah mengisi informasi penerima, masukkan jumlah uang yang ingin ditransfer dan ikuti instruksi yang diberikan oleh layanan pengiriman uang. 

Pastikan untuk memasukkan kode SWIFT/BIC dengan benar agar uang dapat dikirim dengan aman dan tepat waktu.

5. Tunggu konfirmasi

Setelah melakukan transfer, tunggu beberapa saat hingga transfer selesai diproses oleh layanan pengiriman uang. Layanan pengiriman uang akan mengirimkan konfirmasi transfer ke email atau nomor telepon yang terdaftar di akun.

6. Terima uang

Setelah transfer selesai diproses, penerima dapat menerima uang melalui rekening bank atau dompet digital yang terdaftar. Pastikan bahwa informasi rekening bank atau dompet digital yang diberikan oleh penerima sudah benar dan sesuai.

Bisakah kirim uang dari Malaysia ke Indonesia lewat pos?

Beberapa orang mungkin ingin melakukan pengiriman uang dari satu negara ke negara lain secara tunai. Lantas, bagaimana cara kirim uang dari Malaysia ke Indonesia lewat pos?

Sayangnya, layanan pos tidak menyediakan layanan pengiriman uang antar negara. Jadi, tidak ada cara untuk mengirim uang dari Malaysia ke Indonesia melalui pos maupun layanan ekspedisi Malaysia ke Indonesia

Sebaiknya pilih saja salah satu dari tiga cara yang telah disebutkan di atas untuk mengirim uang ke Indonesia dengan aman dan mudah.

Berapa lama kirim uang dari Malaysia ke Indonesia?

Durasi kirim uang dari Malaysia ke Indonesia bisa berbeda-beda tergantung dari metode transfer yang digunakan. Secara umum, durasi transfer uang dari Malaysia ke Indonesia bisa memakan waktu antara 1-7 hari kerja. 

Namun, durasi transfer bisa memakan waktu lebih lama apabila terjadi masalah teknis, verifikasi identitas yang rumit, atau kendala lainnya. 

Untuk melakukan transfer uang antar negara, bank atau layanan pengiriman uang perlu melakukan verifikasi identitas secara ketat. 

Selain itu, transfer uang antar negara juga memerlukan perhitungan kurs mata uang yang berbeda, yang bisa memakan waktu lebih lama. Belum lagi adanya perbedaan waktu dan hari kerja antara negara.

Kirim barang dari Malaysia ke Indonesia dengan Arahin.id

Pengiriman uang dari Malaysia ke Indonesia memang tidak bisa dilakukan melalui jasa ekspedisi, melainkan melalui metode transfer. Tapi, kalau ingin kirim barang dari Malaysia ke Indonesia, coba pertimbangkan menggunakan Arahin.id.

Arahin.id adalah layanan pengiriman yang dapat membantu dalam proses ekspor dan impor, termasuk saat akan kirim barang dari Malaysia ke Indonesia

Layanan ini menyediakan berbagai layanan seperti konsultasi, pengiriman, dan penyimpanan barang dengan biaya yang terjangkau. 

Selain itu, Arahin.id juga menyediakan layanan pengiriman langsung dari Malaysia ke Indonesia, yang memungkinkan pengguna untuk menghemat waktu dan biaya. 

Layanan pengiriman Arahin.id didukung oleh jaringan yang luas dan profesional, serta teknologi yang canggih untuk memastikan pengiriman barang dengan aman dan tepat waktu. Jadi, jangan ragu untuk menggunakan Arahin.id untuk pengiriman barang.

Isi konten: