Masih Ragu mau impor atau ekspor? atau baru pertama kali?

Langsung saja hubungi arahin.id, kami siap membantu, menjawab setiap pertanyaan Anda!

Kirim uang ke luar negeri bisa menjadi urusan yang membingungkan bagi sebagian orang. Namun, dengan kemajuan teknologi dan sistem perbankan yang semakin canggih, mengirim uang ke luar negeri kini jauh lebih mudah dan efisien. 

Saat ini, kirim uang bisa dilakukan lewat metode transfer tanpa perlu mengirim secara tunai lewat jasa ekspedisi tertentu. 

Jika tertarik ingin mengirim uang dari Indonesia ke Malaysia, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Berikut ini adalah empat cara yang bisa dicoba.

Cara kirim uang dari Indonesia ke Malaysia

Mengirim dana dari satu negara ke negara lain sebenarnya cukup mudah, selama Anda tahu cara yang aman dan tepat untuk dilakukan. 

Tentunya, pengiriman tidak bisa mengandalkan jasa ekspedisi Malaysia ke Jakarta ataupun sebaliknya, melainkan melalui transfer. Berikut ini beberapa cara kirim uang dari Indonesia ke Malaysia.

1. Kirim uang melalui transfer bank

Melalui bank, pemilik rekening dapat mengirim uang dari Indonesia ke Malaysia dengan cara melakukan transfer antarbank. Setiap bank memiliki prosedur yang berbeda, tetapi pada umumnya harus memiliki rekening bank terlebih dahulu. 

Selain itu, Anda juga harus memberikan informasi yang lengkap seperti nama penerima, nomor rekening bank penerima, dan kode SWIFT/BIC bank penerima.

Biaya transfer dan nilai tukar yang diberlakukan oleh bank berbeda-beda. Biaya transfer untuk transfer antarbank biasanya lebih mahal daripada transfer antar rekening di dalam negeri. 

Biaya transfer antara Indonesia dan Malaysia berkisar antara 25 hingga 50 dolar AS atau sekitar Rp 362.500 - Rp 727.500. Sedangkan, nilai tukar akan ditentukan oleh bank sesuai dengan kebijakan masing-masing bank.

2. Mengirim uang melalui agen transfer

Agen transfer seperti Western Union dan MoneyGram dapat digunakan untuk mengirim uang dari Indonesia ke Malaysia. Namun, biaya transfer yang diberlakukan oleh agen transfer lebih mahal daripada melalui bank. 

Biaya transfer antara Indonesia dan Malaysia melalui agen transfer bisa mencapai 5 hingga 10 persen dari jumlah yang dikirim.

Proses pengiriman uang melalui agen transfer cukup mudah. Cukup mengunjungi agen transfer terdekat, membayar uang yang ingin dikirim, dan memberikan data penerima uang. Setelah itu, penerima uang dapat menerima uang di lokasi agen transfer di Malaysia.

3. Mengirim uang melalui aplikasi

Aplikasi seperti PayPal, TransferWise, dan Skrill dapat digunakan untuk mengirim uang dari Indonesia ke Malaysia. Dibandingkan dengan transfer langsung melalui bank, transfer di aplikasi ini biasanya memiliki biaya yang lebih terjangkau.

Untuk menggunakan aplikasi, tentunya harus memiliki akun di aplikasi tersebut terlebih dahulu. Setelah itu, perlu mengisi saldo di akun dan memasukkan data penerima uang. Uang dapat diterima oleh penerima dalam waktu singkat.

4. Mengirim uang melalui Bitcoin

Bitcoin adalah mata uang digital yang dapat digunakan untuk mengirim uang ke seluruh dunia dengan biaya transfer yang relatif rendah. 

Namun, sebelum menggunakan Bitcoin, pastikan bahwa penerima uang memiliki akun Bitcoin atau alamat Bitcoin yang dapat digunakan untuk menerima uang.

Perlu diingat bahwa nilai tukar Bitcoin sangat fluktuatif dan bisa berubah-ubah dalam waktu singkat. Jadi, jika mengirim uang ke Malaysia menggunakan Bitcoin, pastikan untuk memperhatikan nilai tukar saat melakukan transaksi.

Selain itu, perlu juga harus mempertimbangkan keamanan dan risiko dalam menggunakan Bitcoin. 

Karena Bitcoin tidak diatur oleh pemerintah atau bank sentral, penggunaannya memiliki risiko yang lebih tinggi dibandingkan dengan transfer melalui bank atau agen transfer.

Tarif kirim uang dari Indonesia ke Malaysia

Kirim uang ke luar negeri dari Indonesia ke Malaysia memiliki biaya transfer yang harus diperhitungkan. 

Biaya transfer yang dikenakan bisa berbeda-beda tergantung pada cara pengiriman uang yang dipilih, bank atau jasa transfer yang digunakan, dan kurs mata uang yang berlaku pada saat transfer.

Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang tarif kirim uang dari Indonesia ke Malaysia dan perbandingan antara tarif transfer.

1. Biaya transfer langsung lewat ATM

Tarif transfer langsung lewat bank bisa bervariasi antara satu bank dengan bank lainnya. Namun, umumnya biaya transfer untuk pengiriman uang dari Indonesia ke Malaysia berkisar antara Rp 350.000 hingga Rp 750.000 atau sekitar 25 hingga 50 dolar AS. 

Biaya transfer tersebut bisa berbeda tergantung pada bank penerima, jenis mata uang yang digunakan, serta jumlah uang yang dikirim.

2. Tarif transfer lewat agen

Selain menggunakan layanan bank, bisa juga mengirim uang ke Malaysia dengan menggunakan jasa tertentu seperti Western Union, MoneyGram, dan lain-lain. Biaya transfer melalui jasa tersebut biasanya lebih tinggi daripada melalui bank. 

Biaya transfer antara Indonesia dan Malaysia melalui agen transfer bisa mencapai 5 hingga 10 persen dari jumlah yang dikirim.

Namun, biaya transfer melalui jasa tertentu ini juga memiliki keuntungan karena prosesnya yang lebih cepat dan praktis. 

3. Biaya transfer lewat aplikasi online

Saat ini, pengiriman uang ke Malaysia dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi online seperti PayPal, TransferWise, Skrill, dan lain-lain. Biaya transfer melalui aplikasi online ini bisa lebih rendah daripada melalui jasa transfer atau melalui bank. 

Biaya transfer antara Indonesia dan Malaysia melalui aplikasi berkisar antara 1 hingga 5 persen dari jumlah yang dikirim.

Keuntungan dari menggunakan aplikasi online adalah prosesnya yang cepat dan mudah, serta bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja. 

Namun, pengguna aplikasi online juga perlu memperhatikan nilai tukar mata uang yang berlaku pada saat transfer.

Berapa lama kirim uang dari Indonesia ke Malaysia?

Pengiriman uang dari Indonesia ke Malaysia melalui bank umumnya membutuhkan waktu 2-4 hari kerja untuk proses pengiriman. 

Durasi pengiriman uang tersebut bisa lebih cepat atau lebih lambat tergantung pada bank yang digunakan dan lokasi penerima uang.

Sedangkan, pengiriman uang melalui jasa transfer seperti Western Union atau MoneyGram bisa membutuhkan waktu pengiriman yang lebih cepat, yaitu dalam waktu 10-15 menit saja. 

Hal ini karena jasa transfer tersebut memiliki jaringan luas di seluruh dunia dan proses pengiriman uang lebih cepat dibandingkan dengan bank.

Pengiriman uang melalui aplikasi online seperti PayPal, TransferWise, dan Skrill juga memiliki durasi pengiriman yang cepat. Durasi pengiriman uang melalui aplikasi tersebut biasanya hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. 

Arahin.id untuk kirim paket ke Malaysia

Pengiriman uang saat ini bisa dilakukan lebih mudah lewat metode transfer. Tapi, bagaimana jika ingin kirim barang ke Malaysia

Untuk pengiriman paket, Anda perlu menggunakan jasa ekspedisi. Salah satu jasa ekspedisi yang direkomendasikan adalah Arahin.id.

Arahin.id adalah layanan pengiriman yang memudahkan proses ekspor dan impor bagi para pelaku bisnis. Layanan ini menyediakan berbagai opsi pengiriman dari mulai pengiriman dengan kapal laut, pesawat terbang, hingga kereta api. 

Selain itu, Arahin.id juga menyediakan jasa penjemputan dan pengantaran barang dari dan ke tempat yang diinginkan.

Bagi para pengusaha yang ingin mengirim barang dari Indonesia ke Malaysia, Arahin.id dapat menjadi solusi yang tepat. 

Dengan jaringan pengiriman yang luas dan berpengalaman dalam bidang ekspor dan impor, Arahin.id dapat membantu para pengusaha dalam mengirim barang dengan cepat, mudah, dan aman.

Isi konten: