Masih Ragu mau impor atau ekspor? atau baru pertama kali?

Langsung saja hubungi arahin.id, kami siap membantu, menjawab setiap pertanyaan Anda!

Cara kirim uang dari Taiwan ke Indonesia kini semakin mudah karena meningkatnya teknologi perbankan. 

Apabila dulu layanan kirim uang hanya bisa menggunakan western union, kini sudah banyak aplikasi keuangan yang menyediakan layanan transfer antar negara dengan cepat dan aman. 

Beberapa aplikasi bahkan memberikan biaya yang flat untuk pengiriman uang dari Taiwan ke Indonesia. Tentunya kamu jadi bisa menghemat biaya transfer, kan?

Artikel ini dibuat untuk memudahkan kamu yang tinggal di Taiwan dan ingin melakukan transfer uang, baik untuk keperluan bisnis maupun untuk ditransfer ke keluarga atau kerabat yang ada di Indonesia. Simak dengan baik, ya.  

Cara kirim uang dari Taiwan ke Indonesia dan biayanya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada banyak sekali layanan dan aplikasi keuangan yang bisa membantu kamu dalam mengirim uang dari Taiwan ke Indonesia. Berikut ini penjabaran cara-caranya.

1. Transfer bank

Cara pertama, kamu bisa melakukannya dengan transfer bank. Kini, layanan perbankan di Indonesia sudah bisa melakukan transaksi antar bank di seluruh dunia. Jadi, cukup memudahkan kamu, ya. Berikut ini langkah-langkahnya.

  • Datang ke kantor cabang bank terdekat di Taiwan.
  • Kamu harus mengisi data lengkap penerima uang di Indonesia dan menyerahkan kode SWIFT bank tujuan pada teller.
  • Setelah data penerima sudah sesuai, maka teller akan mengirim uang.
  • Kamu akan dikenakan biaya transaksi sesuai dengan kebijakan masing-masing bank.
  • Lalu, proses transfer antar bank ini biasanya akan memakan waktu selama beberapa hari, pastikan kamu mengecek secara berkala, ya. 

2. Menggunakan PayPal

Salah satu layanan transfer uang yang cukup populer di dunia adalah PayPal. PayPal sendiri merupakan rekening virtual di mana kamu bisa menyimpan saldo hingga mengirim uang. 

Melalui PayPal, kamu bisa mentransfer uang dari Taiwan ke Indonesia dengan mudah. Berikut ini tata caranya:

  • Buka aplikasi PayPal dan login menggunakan akunmu.
  • Pilih layanan ‘Kirim Uang’.
  • Masukan nomor akun PayPal penerima beserta nominal yang akan dikirim.
  • Jika sudah benar, kamu bisa langsung klik ‘Kirim Uang’.

Uang yang kamu kirim akan langsung diterima. Namun, jika akan memindahkan uang dari akun PayPal ke rekening bank penerima, maka akan dikenai biaya kurang lebih Rp16 ribu. Uang akan masuk dalam waktu beberapa hari. 

3. Western Union

Siapa yang tidak mengenal Western Union? Western Union merupakan perusahaan layanan pengiriman uang yang terkenal di dunia. 

Keuntungan kirim uang menggunakan Western Union adalah karena agennya tersedia hingga ke kota-kota kecil, sehingga menjangkau hingga masyarakat desa. Agen Western Union seperti Pos Indonesia, Pegadaian, bank lokal, Alfamart, hingga Indomaret. 

Berikut ini tata cara kirim uang dari Taiwan ke Indonesia dengan Western Union:

  • Datangi agen Western Union terdekat di Taiwan
  • Mengisi formulir yang disediakan serta menyerahkan uang yang akan dikirim.
  • Kamu akan menerima tanda terima dan nomor pelacakan (MTCN).
  • Berikan MTCN ini pada penerima uang untuk mengambil uang yang ditransfer.

4. Remit Kilat

Remit Kilat merupakan layanan pengiriman uang dari Taiwan ke Indonesia yang aman dan juga cepat.

Pembayaran aplikasi Remit Kilat pun bisa dilakukan di semua minimarket Seven Eleven, Family Mart, Hi-Life, dan juga Ok Mart. Kamu bisa mengunduh aplikasi Remit Kilat di Play Store dan juga App Store, ya.  

Tips sebelum mengirim uang dari Taiwan ke Indonesia

Mengirim uang dari luar negeri ke Indonesia semakin mudah dengan banyaknya teknologi. Namun, kamu harus tetap berhati-hati mengingat sudah banyak sekali aplikasi keuangan yang tersedia.

Pastikan kamu memilih aplikasi pengiriman yang terpercaya dan sudah diawasi oleh lembaga keuangan di setiap negara. Jangan sampai kamu memilih aplikasi abal-abal karena tergiur dengan biaya transaksi yang murah.

Berikut ini beberapa tips sebelum kamu mengirim uang dari Taiwan ke Indonesia yang perlu kamu perhatikan. 

1. Pilih layanan keuangan yang terpercaya

Pastikan kamu memilih layanan keuangan yang terpercaya, contohnya seperti transfer bank, Western Union, dan juga PayPal. 

Apabila ada aplikasi baru yang menawarkan layanan transfer bank, cek kembali apakah aplikasi tersebut sudah diawasi oleh lembaga keuangan atau belum. Cek juga beberapa review yang ada di aplikasi. 

2. Masukan nomor penerima dengan benar

Saat memasukan nomor rekening penerima, teliti lagi dengan seksama. Jangan sampai kamu salah memasukkan beberapa angka yang membuat pengiriman uang jadi gagal atau malah dikirim ke penerima yang salah. 

Beberapa aplikasi dan layanan keuangan kini sudah tersedia fitur untuk mengecek nama penerima sebelum dikirim. Nah, kamu bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum mengirimnya. 

3. Jangan buang tanda terima

Ketika kamu mengirim uang melalui bank atau Western Union, sebaiknya jangan buang tanda terima.

Pada tanda terima, biasanya terdapat kode-kode yang harus diberikan pada penerima agar bisa mengambil uang di Indonesia.

Selain itu, tanda terima juga bisa digunakan sebagai bukti apabila pengiriman uang kamu terkendala. 

Arahin.id: solusi untuk pengiriman paket dari Taiwan ke Indonesia

Selain kirim uang dari Taiwan ke Indonesia, kamu juga bisa kirim paket dari Taiwan ke Indonesia dengan mudah dan cepat.

Arahin.id bisa menjadi solusi untuk kamu yang ingin mengirim barang dengan aman dan cepat. Selain Taiwan, Arahin juga bisa mengirim barang ke berbagai negara di seluruh dunia dengan harga yang kompetitif.

Proses pengiriman menggunakan Arahin.id juga sudah saling terintegrasi, sehingga memudahkan kamu dalam melakukan pelacakan. Arahin.id juga tidak mensyaratkan minimal pengiriman barang. Kamu bisa mengirim barang apa saja dan kapan saja. 

Pengiriman barang dari Taiwan ke Indonesia untuk layanan reguler mulai dari Rp585 ribu per kg. Jika kamu mengirim dalam jumlah banyak, tentu biayanya akan semakin murah. Untuk pengiriman barang 100-299 kg, maka biaya kirimnya adalah Rp115 ribu per kg. 

Tertarik? Yuk, hubungi Arahin.id sekarang juga dan dapatkan konsultasi gratis bersama tim Arahin.

Isi konten: