Masih Ragu mau impor atau ekspor? atau baru pertama kali?

Langsung saja hubungi arahin.id, kami siap membantu, menjawab setiap pertanyaan Anda!

Selain stuffing, ada istilah lain yang berhubungan dengan dunia ekspor yaitu stripping. Istilah ini menggambarkan kondisi suatu barang yang sedang dan akan dikirim.

Bagi Anda yang baru saja menjadi eksportir atau baru mengenal dunia ekspor, sangat penting mengetahui tentang stripping. Mari simak penjelasannya sampai selesai :

Apa Itu Stripping

Stripping adalah membongkar isi peti kemas di Depo yang dimasukkan ke dalam truk kontainer. Selain itu, stripping juga bisa diartikan sebagai proses pengeluaran barang atau muatan lain dari kendaraan pengangkut seperti kontainer di terminal kargo atau pusat distribusi setelah kendaraan sampai di tujuan.

Kegiatan stripping bertujuan untuk memisahkan barang-barang yang diangkut dalam muatan dan memfilter sesuai dengan kebutuhan pengiriman selanjutnya.

Baca juga : apa itu LCL?

Jenis-jenis Stripping

Stripping terbagi lagi menjadi dua jenis yaitu stripping luar dan stripping dalam. Berikut ini masing-masing penjelasannya.

Stripping Luar

Stripping luar atau yang juga disebut sebagai stripping out merupakan proses pengeluaran barang dari kontainer di luar wilayah luar lapangan dan biasanya dilakukan di gudang perusahaan terkait atau Container Freight Station.

Stripping Dalam

Sedangkan stripping dalam atau stripping in adalah proses pengeluaran barang dari truk kontainer yang dilakukan di dalam depo.

Fungsi Stripping

Stripping memiliki beberapa fungsi dan tujuan dalam pelaksanaannya yaitu :

Penyusunan Ulang Barang.

Sebelum barang dikirimkan kembali, memang barang tersebut harus disusun ulang. Itulah mengapa dalam kegiatan ekspor atau pengiriman barang dilakukan proses stripping.

Selain itu, ketika stripping juga melakukan pemisahan barang dari muatan. Proses ini mempermudah dalam mengorganisir barang sesuai tujuan akhir dimana barang tersebut akan dikirimkan.

Inventarisasi

Dengan stripping, barang yang dikeluarkan dari truk kontainer akan diinventarisasi dengan benar. Inventarisasi ini dapat memastikan barang tercatat secara akurat dan tepat.

Jika stok barang sudah tercatat dengan benar, maka dapat meminimalisir resiko kehilangan atau kerusakan barang. Sehingga barang pun bisa sampai ke tempat tujuan dengan aman.

Memastikan Kualitas dan Kerusakan

Ketika stripping, barang-barang yang diangkut diperiksa untuk diketahui bagaimana kualitasnya. Jika memang ada kerusakan, maka petugas harus melaporkannya kepada pihak terkait supaya dilakukan pergantian atau perbaikan barang.

Pemeriksaan kualitas ini sangatlah penting karena barang yang akan dikirimkan seharusnya sampai di tangan penerima dalam keadaan bagus.

Mengoptimalisasi Penyimpanan

Dengan mengorganisir barang, maka sesungguhnya stripping sangat membantu dalam mencegah penumpukan yang semestinya tidak terjadi. Dengan begitu, tersedia ruang yang cukup untuk menyimpan barang yang lainnya.

 

Mematuhi Regulasi

Dalam regulasi, perusahaan ekspor, ekspedisi, atau sejenisnya yang melayani pengiriman barang dari satu tempat ke tempat lain harus memastikan jika barang tersebut tidak mengalami kerusakan. Perusahaan harus bertanggung jawab jika terjadi kerusakan akibat kelalaian.

Stripping ini sangat berperan dalam kepatuhan regulasi terutama soal keamanan. Karena dalam prosesnya, terjadi pengecekan dan pemeriksaan sehingga terpenuhi standar keamanan yang seharusnya ada.

Cari Jasa Ekspor? Arahin Solusinya

Penyedia jasa ekspor barang terbaik hanya di Arahin. Kami berpengalaman lebih dari dua tahun bidang ekspor dan melayani pengiriman barang keluar negeri.

Kami bisa mengirim barang ke negara mana pun di dunia ini. Semua barang bisa dikirimkan asalkan bukan barang yang terlarang, baik itu dalam jumlah besar maupun jumlah kecil.

Untuk informasi selengkapnya, Anda bisa menghubungi tim kami melalui telepon (021) 22305163 atau bisa juga langsung mendatangi kantor Arahin yang berada di Ruko Aerobliss, Blok C3E No. 23 Jl. Citra Garden 8, Ex. Pegadungan, Kec. Kalideres, West Jakarta Administrative City, DKI Jakarta Province, Indonesia.

Isi konten: