Masih Ragu mau impor atau ekspor? atau baru pertama kali?

Langsung saja hubungi arahin.id, kami siap membantu, menjawab setiap pertanyaan Anda!

Bagi Anda yang baru terjun di dunia bisnis ekspor, ada banyak sekali istilah-istilah yang harus dikuasai. Termasuk salah satunya adalah SKA.

Karena dalam proses pengiriman barang hingga barang tersebut sampai di negara tujuan, ada proses dimana Anda harus menyerahkan dokumen bernama SKA. Nah sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan SKA itu ada apa kegunaannya dalam kegiatan ekspor? Mari simak pada konten berikut ini

Apa Itu SKA?

SKA merupakan singkatan dari Surat Keterangan Asal didefinisikan sebagai sertifikasi asal barang, dimana dinyatakan dalam sertifikat tersebut bahwa barang atau komoditas yang diekspor adalah berasal dari daerah atau negara pengekspor. SKA memiliki sebutan lain yaitu Certificate of Origin (COO).

Sebagai contoh, jika barang dari Indonesia akan dikirim ke China maka harus ada SKA yang merupakan surat keterangan atau sertifikasi yang menunjukkan jika barang tersebut berasal dari Indonesia. COO / SKA ini yang membuktikan bahwa barang tersebut berasal, dihasilkan dan atau diolah di Indonesia.

Jenis-Jenis SKA

SKA atau COO masih terbagi lagi menjadi beberapa jenis dengan fungsi yang berbeda yaitu :

SKA Preferensi

SKA Preferensi adalah dokumen SKA dengan preferensi yang diberikan oleh suatu negara atau kelompok negara tertentu bagi produk-produk yang memenuhi syarat dari suatu negara dalam bentuk pembebasan atau penurunan tarif bea masuk. Beberapa contoh SKA Preferensi antara lain yaitu Form A, Form D, Form E, Form AK, Form IJEPA, From ICC, dan Form Handicraft Products.

SKA Non Preferensi

SKA Non Preferensi kebalikan dari SKA Preferensi yaitu jenis dokumen SKA yang berfungsi sebagai dokumen pengawasan dan atau penyerta asal barang yang diikutsertakan pada barang ekspor untuk dapat memasuki suatu negara atau beberapa negara tanpa mendapat fasilitas pembebasan atau penurunan bea masuk negara tujuan.

Beberapa contoh SKA Non Preferensi antara lain yaitu Form B, Form Coffee (ICO), Form K, Form Textile Product (TP), dan lain sebagainya.

Manfaat SKA

Dalam kegiatan ekspor, dokumen SKA atau Surat Keterangan Asal ini memiliki banyak manfaat antara lain

Mendapatkan Preferensi

Manfaat pertama yang didapatkan dari Surat Keterangan Asal adalah bisa memperoleh preferensi. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, preferensi yang dimaksud adalah pembebasan atau penurunan pembebasan tarif bea masuk ke suatu atau kelompok negara.

Sebagai Masuk Tiket Komoditi Ke Suatu Negara

Untuk bisa mengirim barang atau komoditi ke suatu negara, ada banyak dokumen yang juga harus Anda kirimkan, salah satunya adalah SKA atau Surat Keterangan Asal. SKA ini menjadi dokumen atau tiket masuk komoditi ekspor Indonesia ke negara tujuan ekspor.

Menetapkan Negara Asal Barang

Surat Keterangan Asal juga berfungsi sebagai dokumen atau legalitas yang menetapkan negara asal barang (country of origin) suatu barang ekspor. Dengan begitu, akan diketahui darimana asal barang tersebut.

Pelacakan Kebijakan Dumping

Dumping adalah kebijakan di mana barang diekspor keluar negeri dengan harga lebih murah untuk menguasai pasar negara tersebut. Sesungguhnya kebijakan ini merugikan karena dapat mematikan pasar luar negeri dimana produk tersebut dijual lebih murah.

Dengan adanya COO atau Certificate of Origin akan diketahui apakah ada kebijakan Dumping ataukah tidak. Karena di dalam dokumen tersebut juga memuat harga barang.

Itulah dia penjelasan mengenai apa itu SKA, Jenis-jenis, dan manfaatnya dalam ekspor. Arahin siap membantu mengekspor barang ke negara mana saja secara legal.

Isi konten: