Masih Ragu mau impor atau ekspor? atau baru pertama kali?

Langsung saja hubungi arahin.id, kami siap membantu, menjawab setiap pertanyaan Anda!

Door to door adalah layanan pengiriman yang menerapkan penjemputan barang dari alamat asal pengirim hingga diantarkan ke alamat tujuan penerima. 

Alamat asal pengirim bisa mencakup banyak wujud, misalnya pabrik, gudang, atau rumah pengirim di negara asal. Sama halnya dengan alamat di negara tujuan bisa berupa tempat apa saja.

Jasa pengiriman ekspor atau impor door to door menjadi pilihan yang populer sebagaimana pihak pengirim dan penerima tidak perlu direpotkan dengan mengantar atau menjemput barang sendiri karena semuanya sudah diurus oleh pihak freight forwarder.

Seperti apa contoh pengiriman door to door?

Dalam contoh jasa ekspor door to door, pengiriman mencakup pengambilan barang dari lokasi produsen atau pengirim, penanganan dokumen ekspor, proses bea cukai di negara asal, pengangkutan melalui jalur darat, laut, atau udara, serta proses bea cukai di negara tujuan. Barang tersebut kemudian diantarkan langsung ke gudang atau alamat penerima di negara tujuan.

Sedangkan dalam contoh jasa import door to door, pengiriman door to door melibatkan pengambilan barang dari pemasok atau penjual di negara asal, proses bea cukai di negara asal, pengangkutan barang melalui jalur darat, laut, atau udara, serta proses bea cukai di negara tujuan. Setelah melewati proses bea cukai, barang tersebut diantarkan langsung ke gudang atau alamat penerima di negara tujuan.

Dengan pengiriman door to door dalam konteks ekspor dan impor, semua tahapan dan aspek logistik dikendalikan oleh penyedia layanan pengiriman. Ini termasuk pengemasan, penanganan dokumen, proses bea cukai, transportasi internasional, dan pengantaran barang ke alamat penerima di negara tujuan. 

Pendekatan ini memberikan kemudahan dan kepastian bagi eksportir dan importir, karena mereka tidak perlu mengurus detail logistik yang rumit dan dapat mengandalkan penyedia layanan untuk mengurus semua hal terkait pengiriman.

Siapa yang menentukan pilihan pengiriman door to door?

Pilihan pengiriman door to door biasanya ditentukan oleh pihak yang mengirim barang, yaitu eksportir atau importir. Ketika mereka bekerja sama dengan penyedia layanan logistik atau perusahaan ekspedisi, mereka dapat memilih opsi pengiriman jasa door to door sebagai salah satu dari beberapa opsi pengiriman yang tersedia.

Eksportir atau importir akan berkomunikasi dengan penyedia layanan pengiriman untuk menyampaikan kebutuhan dan persyaratan pengiriman mereka. Mereka akan memberikan informasi tentang asal dan tujuan pengiriman, jenis barang yang dikirim, jumlah barang, dan preferensi waktu pengiriman. 

Berdasarkan informasi tersebut, penyedia layanan akan menawarkan opsi pengiriman yang sesuai, termasuk opsi door to door.

Pada saat ini, banyak penyedia layanan logistik atau perusahaan ekspedisi menawarkan layanan door to door sebagai bagian dari pilihan pengiriman mereka. Namun, penting untuk dicatat bahwa ketersediaan dan jenis jasa door to door dapat bervariasi tergantung pada penyedia layanan dan rute pengiriman yang dituju.

Dalam beberapa kasus, eksportir atau importir mungkin juga mendiskusikan opsi pengiriman door to door dengan pihak penerima atau pelanggan mereka untuk memastikan kesesuaian dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

Apa keuntungan pengiriman door to door?

Kemudahan yang ditawarkan dari jasa pengiriman door to door seakan-akan sudah menjadi pilihan utama saat seseorang mau mengirim paket, baik dari/ke luar negeri maupun dalam negeri.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan memilih jasa pengiriman door-to door.

1. Hemat waktu dan tenaga

Dengan pengiriman door to door, pengirim tidak perlu khawatir tentang mengurus logistik pengiriman. Semua tahap pengiriman, termasuk pengambilan barang, pengemasan, pengiriman, dan pengantaran langsung ke pintu penerima, ditangani oleh penyedia layanan, yaitu freight forwarder. 

Selain itu, pihak pengirim tidak perlu repot menunggu di pusat pengiriman atau mengurus pengantaran ke tempat lain. Hal ini tentu dapat menghemat waktu pengiriman dan mempercepat proses keseluruhan.

2. Pelacakan paket menjadi lebih mudah

Pada umumnya, penyedia layanan pengiriman door to door (freight forwarder) menyediakan layanan pelacakan yang memungkinkan pengirim dan penerima melacak perjalanan barang secara real-time. Hal ini memberikan transparansi dan memungkinkan pengirim dan penerima untuk memantau kemajuan pengiriman dengan mudah.

3. Jaminan pengiriman bisa tiba dengan aman

Dalam pengiriman door to door, penyedia layanan bertanggung jawab penuh secara profesional atas keberadaan barang dari proses pengambilan hingga pengantaran. Ini memberikan jaminan bahwa barang akan sampai ke tujuan dengan aman dan tepat waktu.

4. Meminimalkan risiko terjadinya kerumitan

Berkat adanya jasa pengiriman door to door, pengirim tidak perlu mengurus proses pengiriman, dokumen bea cukai, atau prosedur logistik lainnya. Semua hal tersebut ditangani oleh pihak forwarder. Ini memungkinkan pengirim untuk fokus pada bisnis inti mereka tanpa terlalu banyak terlibat dalam logistik pengiriman.

5. Kisaran biaya kirim yang sudah jelas

Layanan door to door sering kali menawarkan perkiraan biaya yang jelas dan komprehensif. Dalam kebanyakan kasus, biaya pengiriman door to door mencakup semua tahap pengiriman, sehingga pengirim dapat memiliki gambaran yang jelas tentang biaya yang diperlukan untuk pengiriman mereka.

Namun, penting untuk dicatat bahwa biaya pengiriman door to door mungkin lebih tinggi dibandingkan dengan metode pengiriman lainnya karena semua tahap dan tanggung jawab pengiriman ditangani oleh perusahaan forwarder.

Apa perbedaan jasa door to door dengan jasa lainnya?

Masih ada jasa-jasa lainnya selain door to door yang bisa dipilih berdasarkan karakteristik masing-masing, seperti:

  • Door to port
  • Port to door
  • Port to port

Berikut adalah penjelasan perbedaan antara jasa door to door dengan jasa-jasa lainnya.

1. Pengiriman door to port

Penyedia layanan door to port akan menjemput barang dari alamat pengirim dan mengurus proses pengiriman hingga ke pelabuhan tujuan. Setelah tiba di pelabuhan, penerima atau importir bertanggung jawab untuk mengurus pengambilan barang dari pelabuhan dan mengatur pengantaran selanjutnya ke alamat tujuan akhir.

Perbedaan door to port dengan door to door.

  • Pengiriman door to port berhenti di pelabuhan tujuan, sementara door to door melanjutkan pengiriman langsung hingga ke alamat penerima.
  • Penerima harus mengurus pengambilan barang dari pelabuhan dalam door to port. Sedangkan dalam door to door, pihak forwarder mengantarkan barang langsung ke alamat penerima.

2. Pengiriman port to door

Penyedia layanan port to door akan mengurus pengambilan barang dari pelabuhan asal dan mengatur pengiriman hingga sampai di pintu penerima, jadi penerima tidak perlu mengurus sendiri pengambilan barang dari pelabuhan.

Perbedaan port to door dengan door to door.

  • Pengiriman port to door berawal dari pelabuhan asal, sedangkan door to door dimulai dari alamat pengirim.
  • Dalam port to door, penerima tidak perlu mengurus pengambilan barang sendiri dari pelabuhan karena barang diantarkan langsung ke alamat tujuan.

3. Pengiriman port to port

Penyedia layanan port to port akan mengurus proses pengiriman dari pelabuhan asal ke pelabuhan tujuan. Setelah tiba di pelabuhan tujuan, penerima atau importir bertanggung jawab untuk mengurus pengambilan barang dari pelabuhan dan pengantaran ke alamat tujuan akhir.

Perbedaan port to port dengan door to door.

  • Jasa pengiriman port to port terbatas dari pelabuhan asal hingga pelabuhan tujuan saja. Sementara itu, door to door mencakup pengiriman langsung dari alamat pengirim ke alamat penerima melalui kedua pelabuhan.
  • Dalam pengiriman port to port, terdapat dua poin yang perlu diperhatikan, yaitu:
    • Pengirim mengurus pengiriman barang dari alamat asal hingga ke pelabuhan asal.
    • Pihak forwarder membantu menyelesaikan urusan dari pelabuhan asal hingga pelabuhan tujuan.
    • Penerima mengurus pengambilan barang dari pelabuhan tujuan menuju alamat tujuan.

Dalam memilih jasa pengiriman yang tepat, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan, anggaran, dan tingkat kenyamanan yang diinginkan. Door to door memberikan kenyamanan dan kemudahan dengan pengiriman langsung ke alamat penerima.

Sedangkan jasa-jasa lainnya, seperti door to port, port to door, dan port to port dapat menjadi pilihan yang lebih ekonomis namun memerlukan lebih banyak keterlibatan dari penerima atau importir dalam proses pengiriman.

Jasa import door to door terpercaya dari Arahin.id

Arahin sebagai freight forwarder terpercaya dengan pengalaman bertahun-tahun menawarkan jasa pengiriman barang berskala internasional khusus impor maupun ekspor.

Bersama Arahin, kamu bisa mendapatkan layanan ekspor dan impor dengan layanan terlengkap, mulai dari penjemputan/pengantaran barang di dalam dan luar negeri tanpa biaya tambahan, pengurusan administrasi hingga tuntas, hingga layanan pelacakan secara real-time selama 24 jam. 

Entah kamu mau mengirim paket kecil atau besar, Arahin menjamin pengiriman tepat waktu hingga tujuan dengan biaya pengiriman yang sangat hemat sehingga bisa memberikan banyak keuntungan untuk pengiriman ke berbagai negara. 

Arahin.id akan menjamin paketmu akan diurus dengan baik dan tiba sesuai kisaran waktu yang disepakati. Jadikan Arahin.id sebagai pilihan utama untuk pengiriman internasional dan rasakan kemudahan, keamanan, dan efisiensi dalam setiap pengiriman yang kamu lakukan.

Isi konten: