Produk import dari China kini semakin banyak diminati oleh pasar di Indonesia, termasuk sepatu anak. Hal ini karena harga sepatu anak import China murah dengan kualitas yang bagus. Pilihan modelnya pun bervariasi. 

Kamu bisa menjadikan sepatu anak import China sebagai ladang bisnis yang menjanjikan. Apalagi ukuran kaki anak cepat besar, sehingga setiap tahun akan berganti sepatu.

Namun, ada beberapa ketentuan impor sepatu dari China yang harus kamu penuhi. Di antaranya berkaitan dengan biaya bea masuk sepatu import dari China dan aturan pengirimannya. 

Berikut ini penjelasan lengkap terkait import sepatu dari China, keuntungan yang akan diperoleh, hingga beberapa tips yang bisa kamu jalankan. 

Keuntungan bisnis sepatu anak import China

Barang-barang dari China kini memang sedang tren di Indonesia dan permintaannya cukup tinggi. Tak heran, karena harganya yang murah dengan kualitas yang bagus. Berikut ini beberapa keuntungan jika kamu berbisnis sepatu anak import dari China. 

1. Harga sepatu murah

Dibandingkan dengan produk lokal, harga sepatu import dari China memang lebih murah. Bahkan, di beberapa e-commerce, sepatu dari China dijual mulai dari harga Rp50.000 hingga Rp90.000.

Untuk bisnis, tentunya hal ini akan menguntungkan karena modal yang kamu keluarkan tidak terlalu besar dan bisa mengambil margin keuntungan yang lebih banyak. 

2. Model sepatu lebih bervariasi

Model-model sepatu import dari China juga lebih bervariasi. Kamu bisa mendapatkan model dari yang klasik, minimalis, hingga modern sesuai dengan permintaan pasar.

Dengan model yang bervariasi ini, tentunya akan lebih mudah dalam menjualnya kepada konsumen. 

3. Kualitas bagus

Meskipun harga sepatu import China murah, tapi kamu tak perlu meragukan kualitasnya. Sebab, kualitas dari sepatu import China ini bagus dan kuat.  Sehingga, akan menambah nilai jual dari sepatu yang kamu jual. 

4. Pasar yang luas

Sepatu import dari China ada banyak modelnya. Tidak hanya model untuk orang dewasa, tetapi juga model sepatu import anak dan remaja. Dengan model yang banyak ini, pasar yang dijangkau juga jadi lebih luas, sehingga keuntungan yang didapatkan akan lebih banyak. 

Selain itu, ukuran sepatu anak akan terus berkembang, sehingga kebutuhan sepatu bisa berganti setiap tahunnya. 

Tentu saja bisnis sepatu anak import China juga memiliki risiko, seperti masalah kualitas produk yang buruk, biaya pengiriman yang mahal, dan persaingan bisnis yang ketat di pasar sepatu. 

Oleh karena itu, sebelum memulai bisnis sepatu anak import China, perlu dilakukan riset dan perencanaan yang matang.

Cara import sepatu dari China dan Biayanya

Untuk melakukan import barang dari China seperti sepatu sebetulnya tidak terlalu sulit. Mudahnya, kamu bisa melakukan import melalui e-commerce, sehingga tidak pusing menghitung biaya masuk karena semuanya sudah dihitung secara otomatis.

Melalui e-commerce

E-commerce yang cukup terkenal di China dan melayani pembelian barang di China murah adalah alibaba.com. Kamu bisa membeli sepatu import dari China untuk dijual kembali.

Caranya pun mudah, kamu seperti berbelanja biasa di e-commerce pada umumnya, kemudian membayar biaya sepatu, biaya pengiriman, hingga biaya bea masuk. Semuanya sudah dihitung secara otomatis, jadi kamu tidak perlu repot menghitung biaya-biaya lainnya. 

Melalui supplier

Jika ingin lebih murah dengan mendapatkan harga yang disepakati, kamu bisa melakukan import sepatu dari China dengan mencari supplier yang tepat.

Pastikan kamu mencari supplier yang terpercaya, bisa dengan meminta rekomendasi dari teman atau dengan melihat review dari para konsumen.

Lalu, kamu bisa langsung menghubungi supplier dan melakukan kesepakatan harga hingga proses pengiriman. 

Melalui jalur pribadi

Membeli sepatu import dari China juga bisa dilakukan melalui jalur pribadi, di mana kamu membeli langsung sepatu di China, kemudian membawanya ke Indonesia dan menjualnya kembali. 

Tetapi, apabila kamu melalui jalur pribadi, kamu tidak bisa membeli dalam jumlah banyak karena ada keterbatasan bagasi di pesawat. 

Biaya import sepatu China

Meskipun kamu sudah langsung tahu pajak impor barang dari China jika membeli dari e-commerce, tapi kamu perlu tahu rincian biaya pajak bea masuk yang harus dibayarkan. 

Biaya pajak import ini sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 199/PMK010/2019 tentang Ketentuan Kepabeanan, Cukai, dan Pajak atas Import Barang Kiriman.

Aturannya, jika barang import nilainya di atas 3 USD, maka barang akan dikenakan biaya bea masuk dan pajak import sebesar 17,5%, yakni:

  • Biaya bea masuk 7,5%
  • Pajak pertambahan nilai (PPN) sebesar 11%
  • Pajak penghasilan (PPh) sebesar 0%

Lalu, untuk produk sepatu, akan dikenakan tarif yang berbeda, yakni tarif bea masuknya sebesar 25-30 % dengan PPN 11 % dan PPh 7,5-10%.

Memang, jika melihat dari perhitungan, biaya bea masuk untuk sepatu import dari China cukup mahal. Oleh sebab itu, pastikan kamu memilih supplier sebaik mungkin agar tidak merugi karena biaya pajak yang besar. 

Tips melakukan import sepatu dari China

Sebelum melakukan import sepatu dari China, ada beberapa tips yang harus kamu lakukan agar tidak rugi berikut ini.

1. Cari sepatu yang banyak diminati

Carilah model sepatu yang paling banyak diminati oleh pasar. Kamu bisa melakukan riset dengan memperhatikan sepatu yang dipakai anak-anak saat sekolah, atau yang sering muncul di sosial media. 

Dengan memilih model yang kekinian, maka bisnis sepatu kamu bisa berkembang dengan pesat karena disukai anak-anak.

2. Hindari melakukan impor ilegal

Meskipun proses mengimpor barang dari luar negeri sedikit repot dan biaya bea masuknya mahal, sebaiknya tetap melakukannya secara legal dan hindari melakukan impor secara ilegal. 

Selain tidak berkah, melakukan impor ilegal juga melanggar hukum karena merugikan negara. Jadi, lakukan secara legal, ya. 

3. Perhatikan biaya jual

Meskipun harga sepatu dari China murah, kamu tetap harus menghitungnya dengan benar, yakni mulai dari harga produk, biaya pengiriman, hingga biaya bea masuk. 

Setelah dihitung, barulah kamu menentukan harga jualnya dengan tetap memperhatikan harga pasar agar tidak terlalu murah atau terlalu mahal. 

Harga yang terlalu murah maka akan memberikan keuntungan yang terlalu sedikit, sedangkan harga yang terlalu mahal malah bisa membuat konsumen tidak mau membeli produk kamu. 

4. Temukan supplier yang terpercaya

Penting untuk mencari tahu supplier yang terpercaya sebelum mengimpor sepatu. Jangan sampai asal-asalan memilih supplier karena bisa merugikan kamu.

Supplier yang tidak bagus bisa saja malah mengirim barang yang abal-abal dan kualitasnya jelek. Jangan juga tertarik membeli sepatu dengan biaya yang murah. 

5. Pilih pengiriman yang aman

Mengingat pengiriman dari China, maka pastikan kamu memilih pengiriman yang aman, ya. Misalnya mencari forwarder China Indonesia, atau melalui jalur udara atau laut.

Pastikan memilih pengiriman yang terintegrasi, sehingga kamu bisa melacaknya dengan mudah menggunakan smartphone.

Arahin.id akan memberikan solusi untuk importmu

Melakukan impor sepatu anak dari China memang tidak mudah. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak salah. 

Jika kamu masih pemula dalam bisnis impor, tak ada salahnya mencari bantuan seperti forwarder China Indonesia yang bisa memberikan solusi atas permasalahan impormu.

Arahin.id akan membantu kamu dalam hal pengiriman barang impor dari China. Tenang saja karena Arahin.id sistemnya sudah saling terintegrasi, sehingga memudahkan kamu dalam melacak pengiriman barang impormu. Yuk, hubungi Arahin.id sekarang juga!

Isi konten: