Masih Ragu mau impor atau ekspor? atau baru pertama kali?

Langsung saja hubungi arahin.id, kami siap membantu, menjawab setiap pertanyaan Anda!

 Untuk melakukan kegiatan ekspor dalam skala yang besar, para pengusaha umumnya menggunakan kontainer. Penggunaan kontainer lebih efisien dan juga aman karena bisa mengangkut barang dalam jumlah yang banyak dan bisa melindungi barang dari berbagai kondisi buruk. 

Biaya ekspor 1 kontainer ke China tentunya bisa berbeda-beda. Hal ini ditentukan oleh beberapa hal, seperti ukuran kontainer, tujuan pengiriman, hingga metode yang digunakan, apakah menggunakan jalur laut atau udara. 

Mengingat beban kontainer besar dan jarak pengiriman yang jauh ke China, tentunya estimasi biaya yang dikeluarkan bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Berikut ini informasi terkait biaya ekspor menggunakan kontainer ke China serta beberapa tips dalam memilih forwarder ke China yang perlu kamu ketahui. 

Estimasi biaya yang dibutuhkan untuk ekspor kontainer ke China

Untuk melakukan ekspor dengan kontainer biasanya pengusaha akan memilih ukuran sesuai dengan kebutuhan. Beberapa ukuran yang tersedia yakni kontainer 10 feet, 20 feet, 40 feet, hingga 50 feet.

Umumnya, kontainer yang digunakan untuk keperluan ekspor ke luar negeri adalah kontainer 40 feet, yakni dengan kapasitas sebesar 27 ton dengan ukuran luar 12,192 m x 2,438 m x 2,591 m. 

Biaya ekspor 1 kontainer ke China dengan muatan hingga 27 ton bisa mencapai puluhan juta. Beberapa faktor yang mempengaruhi seperti lokasi tujuan pengiriman, metode pengiriman yang digunakan, hingga kebijakan-kebijakan lain dari pihak ekspedisi China ke Indonesia. 

Faktor lain yang menentukan harga ekspor kontainer adalah dari jenis kontainer yang digunakan. 

Apabila kamu menggunakan kontainer tipe FCL (Full Container Load), mungkin biayanya akan lebih mahal. Namun, keuntungannya barang-barang kamu tidak bercampur dengan barang-barang dari eksportir lainnya. 

Sedangkan jika kamu menggunakan tipe LCL (Less Than One Full Container) bisa jadi biayanya akan lebih murah karena dalam satu kontainer kamu akan berbagi dengan eksportir yang lain. 

Mengutip dari laman CNBC Indonesia, estimasi biaya untuk kontainer ukuran 40 feet adalah Rp20 juta hingga Rp50 juta. Untuk harga yang lebih akurat, kamu bisa menanyakan pada masing-masing agen pengiriman. 

Keuntungan ekspor menggunakan kontainer

Meskipun dalam sekali pengiriman kamu harus mengeluarkan uang hingga puluhan juta, namun ekspor kontainer ke ke luar negeri memiliki banyak keuntungan yang akan kamu rasakan, di antaranya:

1. Keamanan barang

Kontainer memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap risiko kerusakan dan pencurian barang selama pengiriman. Ada fitur penguncian yang cukup canggih serta fitur lain seperti alarm, GPS, lockbox, dan lainnya yang membuat keamanan kontainer terjaga. 

Selain itu, kontainer juga terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama sehingga dapat melindungi barang dari kerusakan akibat goncangan dan benturan.

2. Penghematan biaya

Menggunakan kontainer dapat membantu menghemat biaya pengiriman. Dalam satu kontainer, banyak barang dapat diangkut sekaligus sehingga biaya transportasi dapat dibagi rata dan lebih murah dibandingkan dengan menggunakan beberapa kendaraan atau metode pengiriman yang lain.

3. Mudah dalam pengiriman

Kontainer dapat dengan mudah diangkut menggunakan kapal atau kereta api sehingga dapat memudahkan pengiriman barang ke berbagai negara di seluruh dunia. 

Selain itu, kontainer juga dapat disimpan dalam terminal kargo yang dilengkapi dengan fasilitas bongkar muat yang memadai.

4. Pengaturan stok

Penggunaan kontainer juga memudahkan pengaturan stok dan distribusi barang pada tujuan pengiriman. 

Barang dapat dimuat ke dalam kontainer secara teratur sehingga memudahkan pihak pengirim untuk melakukan pengecekan dan pengawasan pada barang.

Dengan menggunakan kontainer, pengiriman barang ke luar negeri dapat menjadi lebih mudah, efisien, dan terorganisir dengan baik.

Tips memilih forwarder untuk ekspor

Bisnis ekspor ke luar negeri tentunya ada banyak sekali risiko yang mungkin terjadi. Meskipun sudah menggunakan kontainer yang aman, namun bukan tidak mungkin kerusakan dan kehilangan barang bisa terjadi. 

Oleh sebab itu, ketahui beberapa tips dalam memilih forwarder untuk ekspor agar kamu tidak mengalami kerugian.

1. Pilih yang berpengalaman

Pilih forwarder yang memiliki pengalaman dalam bidang pengiriman barang ke luar negeri. Cari tahu berapa lama mereka telah beroperasi dan seberapa banyak pengiriman internasional yang mereka tangani.

Ketahui juga layanan-layanan yang mereka tawarkan serta ketentuan dalam proses pengiriman apabila ada kendala dan bentuk pertanggungjawabannya.

2. Jaringan luas

Pastikan forwarder memiliki jaringan dan koneksi yang luas dengan agen pengiriman dan pihak-pihak terkait lainnya di negara tujuan. Hal ini dapat memudahkan pengiriman dan menghindari masalah terkait pengiriman.

3. Biaya masuk akal

Bandingkan biaya yang ditawarkan oleh beberapa forwarder yang berbeda dan pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran kamu. Pastikan kamu mempertimbangkan semua biaya termasuk biaya bea dan cukai serta biaya asuransi.

Hindari juga memilih forwarder yang mengiming-imingi biaya murah, karena dikhawatirkan penuh risiko saat proses pengiriman. 

4. Layanan lengkap

Pastikan forwarder menyediakan layanan yang lengkap dan terintegrasi, mulai dari pengambilan barang, pengemasan, pengecekan dokumen hingga pengiriman dan pengantaran barang di negara tujuan.

5. Terpercaya

Lakukan riset dan cari tahu tentang reputasi forwarder yang akan kamu pilih. Periksa ulasan dan testimonial dari klien sebelumnya dan pastikan mereka memiliki rekam jejak yang baik dalam mengatasi pengiriman barang ke luar negeri.

 

6. Forwarder fast respond

Pilih forwarder yang memiliki sistem komunikasi yang baik dan dapat memberikan informasi yang akurat dan terkini tentang pengiriman barang kamu. 

Pastikan mereka dapat dihubungi dengan mudah dan memberikan update secara berkala tentang status pengiriman barang.

Memilih forwarder yang tepat adalah salah satu kunci sukses dalam bisnis ekspor. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor di atas, kamu dapat memilih forwarder yang sesuai dengan kebutuhan dan membantu memastikan pengiriman barang ke luar negeri berjalan dengan lancar.

Arahin.id: solusi untuk pengiriman ekspor

Seperti yang kita tahu, untuk melakukan ekspor ada banyak hal yang harus diurus. Mulai dari dokumen perizinan, menjaga kualitas produk ekspor, hingga pemilihan forwarder ke luar negeri. 

Sebagai eksportir pemula, tentu hal ini akan merepotkan dan menguras energi. Belum lagi kalau dokumen ada yang kurang atau tidak sesuai.

Nah, sebagai solusinya, kamu bisa memilih jasa forwarder yang tepat dengan layanan lengkap, salah satunya Arahin.id.

Selain membantu kamu dalam pengiriman barang ekspor, Arahin.id juga membuka konsultasi gratis untuk kamu yang masih bingung terkait cara ekspor barang ke China atau negara lain di seluruh dunia. Kamu juga nanti akan dibantu terkait dokumen-dokumen apa saja yang harus disiapkan untuk ekspor. 

Yuk, hubungi Arahin.id sekarang juga agar proses ekspor berjalan lancar.  

 

Isi konten: