Masih Ragu mau impor atau ekspor? atau baru pertama kali?

Langsung saja hubungi arahin.id, kami siap membantu, menjawab setiap pertanyaan Anda!

Orang dan badan usaha tertentu mungkin ingin mengirimkan hewan keluar negeri. Yang jadi pertanyaan, apakah hal tersebut bisa dilakukan dari Indonesia?

Ternyata jawabannya bisa. Namun ekspor hewan keluar negeri ini, tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh pengirim.

Aturan mengenai ekspor maupun impor hewan tercantum dengan jelas pada Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 05/M-DAG/PER/1/2016 Tentang Ketentuan Ekspor dan Impor Hewan. Pada peraturan tersebut dijelaskan apa saja persyaratan yang harus dipenuhi jika seseorang atau badan usaha ingin melakukan ekspor hewan.

Apa Saja Syarat Ekspor Hewan?

Mengacu pada Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 05/M-DAG/PER/1/2016 Tentang Ketentuan Ekspor dan Impor Hewan, berikut ini syarat-syarat ekspor hewan yang harus dipenuhi :

Dilengkapi Sertifikasi Kesehatan

Hewan yang akan diekspor wajib memiliki sertifikasi kesehatan. Hal ini untuk membuktikan jika hewan tersebut benar-benar dalam keadaan sehat dan tidak memiliki riwayat yang penyakit mematikan.

Karena sangat berbahaya kalau sampai di tengah-tengah perjalanan, tiba-tiba saja hewan tersebut kejang-kejang karena sakit. Sertifikasi kesehatan wajib dikeluarkan oleh dokter hewan yang bersertifikasi.

Dilengkapi Surat Keterangan Asal (Certificate of Origin)

Sama halnya dengan ekspor benda lain, ekspor hewan juga mengharuskan pengirimnya memiliki Surat Keterangan Asal atau yang lebih dikenal dengan sebutan Certificate of Origin. Surat ini berasal dari empat asalnya bagi media pembawa yang tergolong benda lain.

Menyertakan SATS-LN

Jika ingin mengirim satwa liar, maka wajib menyertakan SATS-LN. Untuk diketahui, SATS-LN atau Surat Angkut Tumbuhan dan Satwa liar Luar Negeri (SATS-LN) merupakan dokumen angkut spesimen tumbuhan dan satwa liar baik dalam keadaan hidup ataupun mati dari atau ke luar negeri. SATS-LN ini menjadi dokumen peredaran tumbuhan dan satwa liar untuk luar negeri.

Melalui Tempat Pengeluaran yang Sudah Ditetapkan

Melakukan ekspor hewan  dengan benda lain terutama benda mati tentu berbeda. Tidak mungkin jika mengirim hewan jadi satu dengan benda-benda seperti baju, televisi, radio, atau sejenisnya.

Ekspor hewan harus melalui jalur khusus yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Jika sampai Anda keluar jalur, maka sama saja dengan mengirim barang ilegal. Jadi ekspor hewan harus melalui  tempat-tempat pengeluaran yang telah ditetapkan.

Melaporkan Kepada Petugas Karantina

Jika Anda ingin mengirim hewan yang sedang dikarantina, wajib melapor kepada petugas karantina. Jangan sampai Anda membawa hewan tanpa izin, karena berpotensi mendapatkan sanksi dan denda yang cukup besar.

Apakah Ada Hewan yang Tidak Bisa Diekspor?

Pada dasarnya, semua hewan bisa diekspor selama mengikuti syarat dan aturan yang sudah ditetapkan. Hewan tersebut bisa dikirimkan ke luar negeri dalam keadaan selamat.

Namun khusus hewan yang tergolong langka atau terancam punah, memang dibutuhkan izin ketat dari Kementerian dan Lembaga Negara terkait. Salah satunya dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Karena hewan langka tidak bisa sembarangan keluar dari penangkarannya.

Layanan Ekspor-Impor AKSESORIS HEWAN PELIHARAAN di Arahin.id

Arahin.id saat ini belum dapat membantu dalam proses ekspor-Impor hewan keluar negeri, kami bangga menawarkan layanan ekspor-impor yang terpercaya dan efisien untuk AKSESORIS hewan peliharaan. Kami memahami bahwa aksesoris hewan peliharaan, seperti mainan, pakaian, tempat tidur, dan peralatan grooming, memegang peranan penting dalam industri hewan peliharaan yang terus berkembang. Tim kami yang berpengalaman dan paham akan regulasi ekspor-impor akan memastikan bahwa proses pengiriman aksesoris hewan peliharaan Anda berlangsung lancar dan efektif.

Kami menyediakan layanan konsultasi untuk membantu Anda memahami persyaratan ekspor-impor, menyediakan opsi pengiriman yang fleksibel sesuai dengan kebutuhan Anda, dan menjamin bahwa setiap item ditangani dengan hati-hati serta profesional. Apakah tujuan Anda adalah untuk memperluas bisnis ke pasar global atau sekadar mengirimkan produk ke pelanggan atau keluarga di luar negeri, Arahin.id siap membantu. Untuk informasi lebih lanjut atau untuk mendapatkan bantuan terkait pengiriman aksesoris hewan peliharaan, jangan ragu untuk menghubungi kami.

Isi konten: