Masih Ragu mau impor atau ekspor? atau baru pertama kali?

Langsung saja hubungi arahin.id, kami siap membantu, menjawab setiap pertanyaan Anda!

Setiap negara tentu mempunyai makanan khasnya masing-masing, tidak terkecuali China. Anda mungkin pernah atau bahkan sering mengkonsumsinya saat berada di Indonesia, namun tidak menyadari jika makanan tersebut berasal dari China.

China memiliki beberapa makanan dengan cita rasa khas yang berbeda dari makanan lainnya. Bagi Anda yang beragama Islam, tidak perlu khawatir karena tersedia makanan China yang halal dikonsumsi.

Daftar Makanan Khas China

Makanan dari negara beribukota Beijing ini beraneka ragam. Ada yang berupa kudapan dan ada pula yang tergolong makanan utama. Mayoritas makanannya berbahan dasar ayam atau bebek.

Berikut ini berbagai pilihan makanan dari China yang lezat, aman, dan halal untuk dikonsumsi :

Dimsum

Dimsum merupakan kudapan dari China yang berisikan siomay, hakau, mantau, hingga bakpao. Ada dua macam dimsum, dimsum kukus, dimsum goreng, dimsum manis, dan dimsum ceker.

Biasanya dimsum disajikan dengan saus sambal untuk menambah rasa. Makanan ini sangat cocok digunakan untuk sarapan.

Bebek Peking

Bebek peking merupakan makanan tradisional khas China, terutama banyak ditemukan di Kota Beijing. Berbeda dengan jenis makanan bebek lainnya, bebek peking menggunakan bebek yang diternakkan secara khusus.

Dengan perawatan yang khusus ini, menjadikan bebek peking memiliki rasa yang khas dan sangat lezat ketika dikonsumsi. Bebek peking juga dikenal dengan sebutan bebek isi ini di disajikan setelah dipanggang dengan kayu-kayu bakar khusus.

Warnanya kecoklatan dengan bau yang sangat wangi. Semakin memanjakan lidah dengan sajian saus asam manis pada bebek peking tersebut.

Kwetiau

Kwetiau mungkin juga tidak asing di telinga Anda. Makanan yang berasal dari China ini, juga bisa ditemukan di Indonesia. Banyak dijual di restoran-restoran hingga warung makan pinggir jalan sehingga makanan ini cukup populer di Indonesia.

Sebagai informasi, kwetiau merupakan sejenis mie Tionghoa berwarna putih dan pipih yang terbuat dari beras. Selain itu ada tambahan berbagai topping seperti irisan sosis, bakso, ayam, dan lain sebagainya.

Makanan ini mempunyai tekstur yang tebal dan kenyal. Jika Anda membelinya di Indonesia, kwetiau mulai dijual seharga Rp 15000 per porsinya.

Ayam Pengemis

Makanan khas China selanjutnya yaitu ayam pengemis. Makanan berbahan dasar ayam ini tentu saja berbeda dari ayam pada umumnya.

Ayam pengemis dibuat dari rempah-rempah China yang sangat khas. Proses pembuatan nya juga membutuhkan waktu yang sangat lama.

Setelah direndam dalam aneka bumbu, ayam dibungkus dengan plastik untuk menjaga kuah tetap terjaga, kemudian dibungkus dengan daun teratai utuh dan dilapisi lagi dengan alumunium foil. Tidak cukup sampai disitu saja, ayam dimasukkan dalam adonan roti keras khusus lalu dipanggang selama dua jam, tujuannya supaya bumbu meresap hingga ke dagingnya dan tulang-tulangnya ikut melunak.

Hainan Jifan

Hainan Jifan atau yang juga disebut nasi ayam Hainan adalah makanan yang disajikan dengan beras yang ditanak dengan bumbu dan kaldu ayam. Kemudian dimasak dan disajikan dengan lauk ayam, kuah serta dilengkapi kecap.

Bakpao

Siapa yang tidak tahu dengan bakpao, ternyata makanan yang berbentuk seperti roti bulat ini berasal dari negeri China. Bakpao dibuat dari adonan tepung terigu yang diberi ragi dan mempunyai tekstur  empuk atau kenyal dengan rasa manis atau gurih tergantung isinya.

Sebenarnya bakpao asli dari China berisi daging babi, namun karena bakpao terus menyebar dan daging babi tidak bisa dikonsumsi semua orang maka terkadang isian diganti dengan makanan lain seperti daging ayam, sayuran, ikan, srikaya manis, hingga aneka selai.

Capcay

Jika Anda menyukai sayuran, capcay bisa dicoba. Capcay merupakan makanan khas Tionghoa-Indonesia berupa aneka sayuran yang dimasak dengan cara a direbus atau digoreng tumis.

Istilah kata "capcay' diambil dari dialek Hokkian yang secara harfiah berarti "aneka ragam sayur". Makanan yang satu ini memiliki cita rasa yang lezat.

Itulah dia berbagai pilihan makanan khas China yang bisa Anda coba. Apabila Anda memang ingin membeli makanan-makanan tersebut langsung dari China, Arahin siap membantu Anda mendapatkan.

Lewat jasa impor dari kami, kami akan membantu membawa makanan-makanan tersebut ke Indonesia. Silakan hubungi kami untuk informasi selengkapnya

Isi konten: