Selimut import China merupakan salah satu produk yang cukup laris manis di Indonesia. Jika kamu ingin membuka bisnis, maka berjualan selimut import dari China ini menjadi pilihan yang tepat. 

Selain harganya yang murah, selimut import dari China ini juga memiliki bahan yang bagus, lembut, dan modelnya bervariasi. 

Selimut import dari China ini juga cocok dijadikan sebagai hadiah untuk ulang tahun anak, hadiah pernikahan, dan hampers. 

Namun, sebelum memulai bisnis ini, ada baiknya kamu mengetahui beberapa informasi penting terkait keuntungan-keuntungan yang didapat, tips memilih supplier, hingga besaran pajak impor barang dari China. Simak selengkapnya di sini, ya. 

Keuntungan menjual selimut import China

Ada beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan dari menjual selimut impor dari China, di antaranya:

1. Harga yang lebih terjangkau

Selimut impor dari China umumnya memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan selimut lokal atau impor dari negara lain. 

Hal ini bisa menjadi keuntungan untuk para penjual yang ingin menawarkan harga yang lebih kompetitif untuk pelanggan.

Di Indonesia, selimut impor dari China biasanya dijual dengan harga mulai dari Rp30 ribu hingga Rp70 ribu. Cukup terjangkau sehingga memudahkan kamu mencari pelanggan. 

2. Kualitas yang baik

Meskipun harganya terjangkau, selimut impor dari China umumnya memiliki kualitas yang baik. Banyak produsen di China menggunakan teknologi modern dan bahan berkualitas untuk membuat produk mereka.

Selimut impor dari China terkenal memiliki bahan yang lebih lembut dan tidak panas, sehingga nyaman digunakan. 

3. Banyak pilihan

China memiliki banyak produsen selimut yang berbeda-beda, sehingga memberikan peluang untuk para penjual untuk menawarkan beragam pilihan selimut untuk pelanggan.

Kamu bisa memilih model selimut sesuai dengan karakter pelanggan. Jika target pasar kamu adalah selimut anak, maka kamu bisa memilih karakter selimut seperti Cinderella, Spongebob, Frozen, Doraemon, dan karakter lucu lainnya. 

4. Peluang bisnis yang menjanjikan

Pasar selimut di Indonesia cukup besar dan menjanjikan. Dengan menjual selimut impor dari China, kamu memiliki peluang untuk mengembangkan bisnis mereka dan meningkatkan profitabilitas.

Meskipun Indonesia memiliki iklim tropis, namun selimut akan sangat dibutuhkan ketika musim penghujan. Jadi, peluang pasarnya cukup besar.

Dengan kemajuan teknologi dan internet, membeli dan menjual selimut impor dari China juga semakin mudah. Kamu dapat memanfaatkan platform online untuk menjual selimut mereka dan memperluas jangkauan pasar.

Namun, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk menjual selimut impor dari China. 

Pastikan untuk memilih produsen atau supplier yang terpercaya dan menghasilkan produk berkualitas untuk meminimalisir risiko masalah kualitas atau pengiriman.

Tips memilih supplier selimut import dari China

Ada banyak produk selimut impor dari China yang bisa kamu pilih. Namun, tidak semua produk impor itu bagus. Kamu harus jeli dalam memilih agar tidak merugi. Berikut ini beberapa tips memilih supplier selimut import dari China yang bisa kamu lakukan. 

1. Pilih supplier terpercaya

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih supplier terpercaya atau memiliki reputasi yang baik. Kamu bisa memilih supplier terpercaya di situs-situs resmi seperti Alibaba atau di e-commerce lainnya. 

Baca juga review dari orang-orang yang membeli. Jika reviewnya positif dan menyenangkan, berarti supplier tersebut amanah. 

2. Periksa kualitas selimut

Biasanya supplier juga akan memberi tahu bahan yang digunakan untuk selimut. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu mengetahui jenis-jenis bahan selimut untuk mengetahui kualitasnya.

Baca juga deskripsi yang ditulis oleh supplier dengan seksama agar kamu bisa lebih detail lagi untuk mengetahui kualitas dari bahan selimut tersebut. 

3. Bandingkan harga selimut

Mengingat selimut import ini untuk bisnis, maka sebaiknya kamu membandingkan harga selimut import dari China ini. 

Pilihlah selimut yang harganya terjangkau tetapi memiliki kualitas yang bagus. Kamu bisa membandingkan beberapa supplier hingga mendapatkan produk selimut dengan harga yang cocok. 

Pastikan juga untuk tidak tergiur dengan selimut yang harganya terlalu murah. Dikhawatirkan kualitasnya jelek. 

4. Ukuran selimut

Jika kamu menjual selimut untuk orang dewasa, pastikan kamu memilih selimut dengan ukuran yang tidak terlalu kecil, ya.

Begitu juga ketika kamu ingin menjual selimut untuk anak-anak, pilih selimut dengan ukuran yang pas di tubuh anak-anak. 

5. Periksa prosedur pengiriman

Saat memilih produk impor, tentunya ada prosedur pengiriman yang ditentukan oleh supplier. Sebaiknya pilih supplier yang memiliki banyak pilihan pengiriman, seperti bisa melalui jalur laut, udara, dan juga darat. Jadi, kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran kamu. 

Cara import selimut dari China

Untuk melakukan import selimut dari China, prosesnya bisa dibilang tidak mudah juga tidak sulit. Sebagai gambaran, berikut ini Arahin.id jelaskan cara import selimut dari China secara singkat dan jelas. 

Awalnya, untuk melakukan import barang dari China, kamu harus memiliki NIK (Nomor Identitas Kepabeanan) atau SPR (Nomor Registrasi Importir). Kamu bisa melakukan pendaftaran atau pengajuan ke Direktorat Jenderal Bea dan Cukai untuk mendapatkan NIK serta SPR.

Apabila kamu tidak memiliki NIK atau SPR, maka kamu hanya akan diizinkan melakukan import sekali saja.

Selain itu, kamu juga wajib memiliki Angka Pengenal Impor (API) yang dikeluarkan oleh Kementerian Perdagangan.

Berikut ini alur tata cara import selimut dari China yang perlu kamu ketahui:

  1. Langkah pertama yakni dengan mencari supplier dan melakukan kesepakatan harga
  2. Kemudian, kamu bisa membuka letter of credit (LC) di bank devisa dengan melampirkan informasi terkait barang apa saja yang akan diimpor. Kemudian, bank devisa akan menghubungi bank luar negeri serta meneruskannya pada supplier untuk melakukan perjanjian sesuai dengan isi letter of credit
  3. Apabila sudah selesai, maka barang akan dikirim oleh supplier melalui jalur pengiriman yang sudah ditentukan
  4. Supplier kemudian akan mengirim beberapa dokumen penting seperti invoice, packing list, dan beberapa dokumen lain seperti sertifikat karantina dan lain-lain
  5. Sambil menunggu barang sampai, kamu bisa mengisi dokumen PIB atau Pengajuan Impor Barang, kamu bisa mengajukan PIB ke PPJK (Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan)
  6. Dari PIB tersebut, maka akan diketahui besaran bea masuk, PPH, dan pajak lainnya yang harus dibayar
  7. Kamu membayar pesaran bea masuk dan pajak lainnya ke bank devisa
  8. Dokumen PIB nantinya akan diproses di Portal Indonesia National Single Window, lalu divalidasi dan diverifikasi kebenarannya, jika benar maka akan terkena jalur hijau dan Surat Persetujuan Pengeluaran Barang (SPPB) akan keluar
  9. Jika SPPB sudah keluar, maka kamu bisa mengambil barang impor kamu dengan mudah

Besaran pajak import selimut dari China

Mengutip dari laman beacukai.go.id, setiap barang yang masuk ke Indonesia dengan nilai di atas USD 3 akan terkena bea masuk sebesar 7,5% dan juga PPN sebesar 11 %.

Khusus untuk barang yang nilainya melebihi USD 1.500, maka akan berlaku tarif MFN (Most Favoured Nation) atau sesuai dengan HS Code pada BTKI. Untuk penyelesaiannya maka menggunakan PIB untuk badan atau PIBK untuk perorangan.

Tarif MFN untuk bea masuk yakni sesuai dengan HS Code ditambah dengan PPN sebesar 11 %. 

Arahin.id: solusi untuk bisnis importmu

Sebagai pemula, kamu tentunya membutuhkan jasa forwarder China Indonesia yang bisa membantu dalam bisnis importmu. Mengingat, proses import barang dari China cukup rumit. 

Tapi, jangan asal memilih jasa forwarder, ya. Pastikan kamu memilih jasa forwarder yang terpercaya dan memiliki reputasi bagus. 

Arahin.id bisa membantu memberikan solusi untuk permasalahanmu secara gratis lewat sesi konsultasi. Arahin.id juga bisa membantu kamu dalam pengiriman barang import dengan harga yang terjangkau. 

Nggak hanya China, Arahin.id juga memberikan layanan ekspor dan impor ke seluruh negara di dunia. Tertarik? Yuk, segera konsultasikan masalahmu dengan Arahin.id sekarang juga! 

 

Isi konten: