Masih Ragu mau impor atau ekspor? atau baru pertama kali?

Langsung saja hubungi arahin.id, kami siap membantu, menjawab setiap pertanyaan Anda!

Sepeda impor dari Singapura kini banyak diminati di Indonesia. Beberapa e-commerce pun sudah banyak yang menjualnya.  

Rata-rata sepeda impor dari Singapura ini adalah sepeda listrik dengan model yang kekinian. Bentuknya yang compact membuat sepeda ini mudah dikendarai di jalanan Indonesia. 

Kamu bisa menggunakan sepeda impor ini untuk berbelanja ke pasar, keliling komplek perumahan, hingga rekreasi di pantai. Contoh merek sepeda impor Singapura yang banyak dijual di Indonesia adalah Ofo.

Meskipun kini impor sepeda dari Singapura bisa dilakukan dengan mudah melalui e-commerce, namun kamu tetap harus mengetahui cara impor barang dari Singapura, aturan, hingga biayanya.

Cara impor sepeda dari Singapura

Untuk melakukan impor barang dari Singapura ke Indonesia, umumnya aturannya sama, seperti melakukan impor dari negara-negara lain. Berikut ini beberapa ketentuan yang harus kamu pahami. 

1. Memilih supplier

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum melakukan impor barang dari luar negeri, termasuk Singapura, adalah dengan memilih supplier terpercaya.

Selain itu, pilih juga supplier yang menyediakan beragam model sepeda yang diminati oleh masyarakat di Indonesia. 

Kamu bisa mencari supplier dengan mengetahui review yang ada di internet atau dengan menanyakannya dengan kerabat atau teman.

2. Mengurus perizinan impor

Apabila kamu berencana melakukan impor berkali-kali dari Singapura untuk bisnis, pastikan kamu mulai mengurus perizinan impor.

Beberapa dokumen yang harus kamu siapkan untuk mengurus perizinan impor, seperti:

  • NPWP
  • SIUP
  • TDU
  • API (Angka Pengenal Importir)
  • Nomor Identitas Kepabeanan (NIK) atau Nomor Registrasi Importir (SPR)

Untuk mendapatkan dokumen di atas, kamu bisa menanyakannya ke bagian bea dan cukai Indonesia serta beberapa instansi kementerian yang berhubungan dengan impor yang akan kamu lakukan. Umumnya, instansi yang mengurus masalah ini adalah Kementerian Perdagangan.

Dengan mengurus perizinan impor, maka barang-barang impor kamu termasuk legal dan tidak melanggar aturan negara. 

3. Memilih pengiriman barang

Setelah melakukan kesepakatan harga dengan importir, kini saatnya kamu memilih proses pengiriman akan menggunakan metode apa, apakah jalur laut atau udara. 

Pastikan kamu sudah memilih jasa forwarder Singapura Indonesia yang bisa memiliki sistem integrasi yang bagus dan terpercaya, sehingga barang-barang kamu akan aman sampai ke Indonesia serta tidak ada kerusakan. 

Siapkan juga beberapa dokumen penting seperti invoice, packing list, dan juga dokumen lainnya sebagai bukti pembelian barang. Jadi, ketika sampai di kepabeanan tidak akan ada kendala. 

4. Barang akan dilakukan pengecekan

Setelah barang impor sampai ke Indonesia, maka barang tersebut akan melalui banyak pengecekan.

Nantinya, pihak bea dan cukai juga akan menghitung berapa pajak yang harus dibayar. Jika semua urusan pembayaran selesai dan barang aman, maka kamu akan mendapatkan dokumen SPPB, yakni Surat Persetujuan Pengeluaran Barang. 

Kamu pun bisa membawa barang impor kamu keluar dari pelabuhan atau bandara dengan aman. 

Biaya impor sepeda dari Singapura

Sesuai dengan ketentuan baru Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 199 Tahun 2019 tentang Ketentuan Kepabeanan, Cukai, dan Pajak atas Barang Impor Kiriman, barang yang masuk ke Indonesia dengan nilai lebih dari USD 3 per kiriman akan dikenakan bea masuk dan PPN. Termasuk jika kamu melakukan impor sepeda dari Singapura.

Mengutip dari laman Klik Pajak, bea masuk yang akan dikenakan untuk nilai impor lebih dari USD 3 hingga USD 1.500 per kiriman adalah:

  • Bea masuk sebesar 7,5%
  • PPN sebesar 11%

Apabila nilai barang impor kamu lebih dari USD 1.500, maka kamu wajib melaporkan Pemberitahuan Impor Barang (PIB) pada pihak bea cukai, karena perhitungan pajaknya akan berbeda lagi. 

Untuk biaya pengiriman agar lebih murah sebaiknya kamu langsung mengirim banyak. Contoh saja di Arahin.id, biaya pengiriman import untuk 1kg barang adalah Rp415.000. 

Namun, jika kamu langsung mengirim barang dengan berat 100-200 kg, maka biaya per kgnya adalah Rp70.000. Perbedaannya cukup jauh, bukan?

Keuntungan impor sepeda dari Singapura

Sebagai seorang pebisnis, mengimpor sepeda dari Singapura merupakan pilihan yang tepat. Ada banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan sebagai berikut ini:

1. Kualitas dan teknologi yang baik

Singapura dikenal sebagai salah satu negara maju dengan tingkat teknologi yang tinggi dan kualitas produk yang baik. 

Dengan mengimpor sepeda dari Singapura, kamu dapat memperoleh produk yang berkualitas dan didukung dengan teknologi terbaru.

Sepeda impor dari Singapura ini juga umumnya merupakan sepeda listrik, jadi kualitas dan inovasi teknologinya pasti bukan kaleng-kaleng. 

2. Harga yang lebih terjangkau

Singapura memiliki industri manufaktur yang berkembang dan kemampuan untuk memproduksi sepeda dalam jumlah besar. Oleh karena itu, harga sepeda yang diimpor dari Singapura mungkin lebih terjangkau dibandingkan dengan harga sepeda yang diproduksi di Indonesia.

Beberapa e-commerce menjual sepeda impor dari Singapura mulai dari Rp2 jutaan. Cukup terjangkau untuk market di Indonesia. 

3. Model kekinian

Model sepeda asal Singapura ini sedikit berbeda dengan model sepeda buatan Indonesia pada umumnya. 

Bentuk sepeda impor Singapura lebih compact, sehingga nyaman digunakan untuk berkeliling di jalanan Indonesia. Sepeda ini juga cocok dipakai untuk pergi berbelanja, sekolah, bahkan untuk berlibur.

4. Peluang bisnis yang lebih baik

Dengan impor sepeda dari Singapura, kamu juga dapat membuka peluang bisnis baru, seperti menjadi distributor atau agen resmi merek sepeda Singapura di Indonesia. 

Ini bisa membantu kamu dalam mengembangkan bisnis dan meningkatkan keuntungan. Apalagi permintaan untuk sepeda listrik kini kian meningkat di Indonesia. 

Namun, perlu diingat bahwa impor sepeda juga memiliki beberapa risiko, seperti biaya impor yang tinggi, risiko keamanan dalam pengiriman, dan kemungkinan masalah dengan pemeriksaan bea cukai. 

Oleh karena itu, pastikan untuk mempertimbangkan baik-baik sebelum memutuskan untuk mengimpor sepeda dari Singapura. 

Termasuk dalam pemilihan forwarder yang tepat. Kamu bisa memilih Arahin.id untuk pengiriman barang impor kamu dari Singapura.

Ketahui juga ulasan mengenai jenis barang yang kita impor dari Singapura di artikel Arahin.id lainnya. 

Mengapa harus Arahin.di?

Memulai bisnis impor tentunya tidak semudah yang dibayangkan. Ada banyak hal yang harus kamu urus, mulai dari mengurus supplier, perizinan impor, perhitungan pajak, hingga pengiriman. 

Sebagai pemula, sebaiknya kamu jangan mengurusnya sendiri dan mencari bantuan seperti forwarder yang terpercaya.

Arahin.id merupakan salah satu forwarder yang menyediakan layanan pengiriman ekspor dan impor ke seluruh negara di dunia. 

Salah satu keunggulan Arahin.id adalah menyediakan layanan yang terintegrasi end-to-end, sehingga akan memudahkan kamu dalam melacak pengiriman barang hingga ke sampai ke tujuan. 

Kamu bahkan bisa mendapatkan layanan free pick up dari layanan Arahin.id, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Yuk, hubungi Arahin sekarang juga agar barang kamu aman sampai tujuan.

Isi konten: